FEBRIAN FATUR RACHMAN (2025) UPAYA MENCEGAH PERILAKU BULLYING MELALUI SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 IMOGIRI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (890kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (253kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Maraknya kasus bullying saat ini sering dijumpai di sekolah, terutama sekolah inklusif. Salah satunya adalah di SMP Negeri 3 Imogiri masih sering terjadi bullying verbal, fisik dan cyberbullying, yang berdampak buruk pada aspek psikologis, fisik, sosial pada korban. Oleh dari itu, pendidikan karakter menjadi solusi penting dalam membentuk moralitas dan etika pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan sosialisasi pendidikan karakter sebagai upaya mencegah perilaku bullying di SMP Negeri 3 Imogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi pendidikan karakter berhasil menurunkan jumlah kasus bullying secara signifikan. Sebelum program dilaksanakan, terdapat sekitar lima laporan kasus bullying per semester, namun setelah sosialisasi dilaksanakan tidak ada laporan baru yang diterima. Selain itu, terjadi perubahan positif pada perilaku siswa, terutama pelaku bullying yang mulai memahami dampak negatif dari tindakan mereka dan menunjukkan sikap yang lebih peduli terhadap teman-temannya. Sosialisasi juga meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pendidikan karakter dan dampak buruk bullying, baik bagi korban maupun pelaku. Penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan guru untuk mencegah bullying, serta peran guru dan konselor dalam memberikan edukasi dan membantu siswa. Siswa perlu memahami nilai-nilai seperti empati dan saling menghormati. Orang tua juga berperan memantau anak dan mendukung program sekolah. Hasil penelitian ini juga mengimplikasikan bahwa sosialisasi pendidikan karakter efektif sebagai upaya preventif dalam menurunkan perilaku bullying dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk program pendidikan karakter di sekolah yang lebih baik.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Bullying, Character Education, Sosialization |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:02 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
