ARIF RIZKY JATMIKO (2025) ANALISIS RESEPSI MAHASISWA GENERASI Z DI YOGYAKARTA TERHADAP PESAN MORAL DALAM FILM BUDI PEKERTI (STUDI RESEPSI AUDIENS MAHASISWA KAMPUS UMY, UNY, UAJY DAN UIN SUKA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media digital telah membawa tantangan baru dalam menjaga etika komunikasi, terutama di kalangan Generasi Z. Film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja menjadi cerminan isu komunikasi digital dan konflik sosial akibat miskomunikasi di ruang publik. Fenomena ini relevan untuk dikaji guna memahami bagaimana generasi muda meresepsi pesan etika komunikasi melalui media film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi audiens Generasi Z terhadap film Budi Pekerti oleh Wregas Bhanuteja dalam membentuk resepsi mereka terhadap etika komunikasi. Film ini diangkat karena adanya relevansi dengan isu komunikasi digital terkini dan konflik etika komunikasi di ruang publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap mahasiswa dari empat universitas di Yogyakarta: UMY, UNY, UAJY, dan UIN SUKA. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori resepsi dari Stuart Hall untuk melihat posisi decoding audiens (dominan hegemonik, negosiasi, dan oposisi), serta teori etika komunikasi dari Richard L. Johannesen dengan tujuh perspektif etika: politik, sifat manusia, situasional, dialogis, religius, utilitarian, dan legal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar informan menempatkan diri dalam posisi decoding negosiasi. Mereka menerima pesan moral film, namun tetap memberikan kritik terhadap cara penyampaian dan penyikapan karakter. Mahasiswa menekankan pentingnya komunikasi yang manusiawi, tanggung jawab moral, dan dialogis dalam merespons konflik sosial di era digital.

Dosen Pembimbing: Subkhi Ridho, Dr., M.A. | NIDN0524038201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: audience reception, Budi Pekerti film, communication ethic, generation Z
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:55
Last Modified: 06 Aug 2025 01:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52721

Actions (login required)

View Item View Item