FEBRINA ARIFIANA (2025) ANALISIS MATERI DAN PEMBELAJARAN FIKIH SALAT JUM’AT DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) AL-MUKHTAR WATUKEBO AMBULU JEMBER JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik materi dan pelaksanaan pembelajaran Fikih Salat Jum’at di Muhammadiyah Boarding School (MBS) AlMukhtar Watukebo. Pembelajaran fikih krusial dalam membentuk pemahaman dan praktik ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi kurikulum serta buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Fikih Salat Jum’at, yang bersumber dari Kurikulum ISMUBA dan buku ajar, bersifat komprehensif, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pelaksanaannya, guru cenderung mengandalkan buku ajar sebagai pedoman perencanaan. Meskipun demikian, gaya mengajar guru yang interaktif dan menyenangkan berhasil menciptakan suasana kelas yang kondusif, memicu partisipasi aktif siswa, dan menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Siswa menunjukkan pemahaman kognitif yang baik terhadap materi, dan merasa evaluasi mudah diatasi. Namun, disarankan untuk diversifikasi metode evaluasi guna mengukur capaian pada ranah afektif dan psikomotorik secara lebih sistematis.

Dosen Pembimbing: Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fiqh of Friday Prayer, Learning Materials, Learning Implementation, MBS Al-Mukhtar
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:51
Last Modified: 06 Aug 2025 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52723

Actions (login required)

View Item View Item