FEBRINA ARIFIANA (2025) ANALISIS MATERI DAN PEMBELAJARAN FIKIH SALAT JUM’AT DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) AL-MUKHTAR WATUKEBO AMBULU JEMBER JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (387kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (93kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik materi dan pelaksanaan pembelajaran Fikih Salat Jum’at di Muhammadiyah Boarding School (MBS) AlMukhtar Watukebo. Pembelajaran fikih krusial dalam membentuk pemahaman dan praktik ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi kurikulum serta buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Fikih Salat Jum’at, yang bersumber dari Kurikulum ISMUBA dan buku ajar, bersifat komprehensif, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pelaksanaannya, guru cenderung mengandalkan buku ajar sebagai pedoman perencanaan. Meskipun demikian, gaya mengajar guru yang interaktif dan menyenangkan berhasil menciptakan suasana kelas yang kondusif, memicu partisipasi aktif siswa, dan menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Siswa menunjukkan pemahaman kognitif yang baik terhadap materi, dan merasa evaluasi mudah diatasi. Namun, disarankan untuk diversifikasi metode evaluasi guna mengukur capaian pada ranah afektif dan psikomotorik secara lebih sistematis.
| Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Fiqh of Friday Prayer, Learning Materials, Learning Implementation, MBS Al-Mukhtar |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:51 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 01:51 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
