RESTI ALFI NADILA (2025) PENGARUH LITERASI HALAL DAN FAKTOR PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA MUSLIM DI YOGYAKARTA (STUDI PADA RESTORAN SUSHI GO!). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (363kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (256kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Popularitas kuliner Jepang yang semakin meningkat di kalangan mahasiswa Muslim Yogyakarta menimbulkan permasalahan kompleks terkait jaminan kehalalan produk makanan yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi halal, harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan, terhadap keputusan pembelian mahasiswa Muslim di Yogyakarta pada restoran Sushi Go!. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 129 responden mahasiswa Muslim yang pernah membeli di restoran Sushi Go! Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan perhitungan sampel berdasarkan rumus Lemeshow. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi halal, harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Muslim. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku usaha kuliner, khususnya dalam penyediaan produk makanan Jepang, agar meningkatkan transparansi terkait kehalalan produk serta menjaga kualitas produk dan pelayanan secara konsisten guna membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen Muslim.
| Dosen Pembimbing: | Andri Martiana, Lc., M.A., Ph.D. | NIDN0528038801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Halal Literacy, Price, Product Quality, Service Quality, Purchasing Decision, Sushi Go! |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:47 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 01:47 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
