RESTI ALFI NADILA (2025) PENGARUH LITERASI HALAL DAN FAKTOR PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA MUSLIM DI YOGYAKARTA (STUDI PADA RESTORAN SUSHI GO!). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Popularitas kuliner Jepang yang semakin meningkat di kalangan mahasiswa Muslim Yogyakarta menimbulkan permasalahan kompleks terkait jaminan kehalalan produk makanan yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi halal, harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan, terhadap keputusan pembelian mahasiswa Muslim di Yogyakarta pada restoran Sushi Go!. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 129 responden mahasiswa Muslim yang pernah membeli di restoran Sushi Go! Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan perhitungan sampel berdasarkan rumus Lemeshow. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi halal, harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Muslim. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku usaha kuliner, khususnya dalam penyediaan produk makanan Jepang, agar meningkatkan transparansi terkait kehalalan produk serta menjaga kualitas produk dan pelayanan secara konsisten guna membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen Muslim.

Dosen Pembimbing: Andri Martiana, Lc., M.A., Ph.D. | NIDN0528038801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Halal Literacy, Price, Product Quality, Service Quality, Purchasing Decision, Sushi Go!
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:47
Last Modified: 06 Aug 2025 01:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52725

Actions (login required)

View Item View Item