RAFLI AZIZ (2025) STUDI KOMPARASI KEDISIPLINAN SALAT ANTARA SISWA FULL DAY SCHOOL DAN SISWA BOARDING SCHOOL DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedisiplinan salat antara siswa full day dan siswa boarding di SMA Muhammadiyah Bantul. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perbedaan program kelas pendidikan yang diterapkan di sekolah, yang dapat memengaruhi tingkat kedisiplinan ibadah siswa, khususnya dalam pelaksanaan salat wajib. Metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, dengan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada siswa dari kedua program kelas. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan uji Welch’s T-Test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedisiplinan salat siswa full day school dan siswa boarding school. siswa boarding school menunjukkan tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi dalam hal ketepatan waktu salat, konsistensi pelaksanaan salat lima waktu, serta kelengkapan syarat dan rukun salat. Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan boarding school yang lebih terkontrol dan religius mampu membentuk perilaku ibadah yang lebih konsisten dibandingkan dengan siswa full day school yang berada di bawah pengawasan orang tua di luar jam sekolah. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah full day meningkatkan pengawasan dan pembinaan ibadah siswa untuk mencapai kedisiplinan salat yang optimal.

Dosen Pembimbing: Arif Budi Raharjo, Dr., M.Si., | NIDN0507086701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prayer Discipline, Full Day School, Boarding School, Islamic Education, Worship
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:45
Last Modified: 06 Aug 2025 01:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52727

Actions (login required)

View Item View Item