DYKA ADITYA PUTRA (2025) PENGARUH FATHERLESSNESS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (692kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (103kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan internal maupun eksternal yang menggerakkan individu untuk terlibat dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan akademik. Sementara itu, perilaku peserta didik merupakan respons yang ditunjukkan terhadap rangsangan dalam lingkungan belajar, baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi fatherlessness terhadap motivasi belajar dan perilaku peserta didik kelas IX di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan, dengan jumlah sampel sebanyak 94 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik random sampling berdasarkan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji T, dan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fatherlessness terhadap motivasi belajar dan perilaku peserta didik. Berdasarkan uji T, fatherlessness berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t hitung = 6,295 > t tabel 1,986, dan terhadap perilaku peserta didik dengan nilai t hitung = 5,671 > t tabel 1,986. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa fatherlessness memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap motivasi belajar dan 25,7% terhadap perilaku peserta didik. Ketidakhadiran peran ayah, baik secara fisik maupun emosional, berdampak pada rendahnya semangat belajar serta munculnya perilaku seperti kurang disiplin, rendah tanggung jawab, dan kesulitan dalam interaksi sosial. Hasil ini menegaskan pentingnya keterlibatan ayah dalam mendukung pendidikan dan pembentukan karakter anak.
| Dosen Pembimbing: | Nurwanto, S.Ag., M.A.,M.Ed., Ph.D. | NIDN0501017701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Fatherlessness, learning motivation, student behavior |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:46 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 01:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
