NAZWA DWI FAJRIN (2025) PENGARUH KAMPANYE DETOX MY FASHION OLEH GREENPEACE TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN FASHION H&M. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (692kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (363kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kampanye Detox My Fashion merupakan suatu program yang diusung oleh Greenpeace pada tahun 2011 dengan tujuan untuk mendorong industri fashion menjadi lebih berkelanjutan dan tanggung jawab terhadap dampak lingkungan yang mereka hasilkan. Industri fashion sendiri telah menjadi salah satu industri yang berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan, seperti proliferisasi bahan kimia di perairan, pemborosan sumber daya air, hingga peningkatan emisi karbon global. Sejumlah perusahaan besar dalam industri ini turut andil terhadap permasalahan tersebut, salah satunya yaitu H&M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kampanye Detox My Fashion yang dilakukan oleh Greenpeace dalam mendorong adanya perubahan kebijakan lingkungan H&M untuk lebih ramah lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan memanfaatkan data sekunder yang dikumpulkan melalui studi dokumentasi. Hasil dan analisis menunjukkan bahwa Greenpeace memberikan pengaruh positif yang cukup signifikan dalam perubahan kebijakan lingkungan H&M melalui kampanye Detox My Fashion. Pada tahun yang sama dengan dimulainya kampanye, H&M langsung menandatangani Detox Commitment. H&M juga telah melakukan transformasi kebijakannya melalui langkah-langkah konkret, seperti pendirian Zero Discharge of Hazardous Chemicals (ZDHC), pengembangan roadmap zero discharge, Manufacturing Restricted Substances List (MRSL), dan Restricted Substances List (RSL), hingga peningkatan transparansi. Hal ini menunjukkan efektivitas Greenpeace sebagai Non-Governmental Organization (NGO) dalam mendorong adanya perubahan.
| Dosen Pembimbing: | Husni Amriyanto Putra, Drs., M.Si. | NIDN0501036902 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | greenpeace, detox my fashion, h&m, ngo, fashion industry, environmental |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:32 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 01:32 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
