MUHAMMAD NIBROOS AQILA (2025) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 MAJENANG TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Majenang serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI, yang berdampak pada kurangnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan permasalahan yang cukup krusial, mengingat PAI memiliki peran penting dalam membentuk karakter, akhlak, dan nilai-nilai spiritual siswa. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap permasalahan ini adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru, yang cenderung monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning di SMP Negeri 2 Majenang pada mata pelajaran PAI melalui berbagai prinsip seperti everything speaks, experience before label, dan dynamic delivery. Prinsip-prinsip tersebut menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman konsep, partisipasi aktif, dan penguatan karakter. Selain itu, guru juga memberikan penguatan positif yang mendorong motivasi dan kepercayaan diri siswa. Secara keseluruhan, metode ini berdampak positif pada aspek kognitif, afektif, spiritual, dan hasil belajar siswa. Meski demikian, implementasi metode ini juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, dan keterbatasan sarana. Namun, dengan strategi yang tepat dan dukungan sekolah serta orang tua, tantangan tersebut dapat diminimalisir. Berdasarkan hal tersebut, maka implementasi metode Quantum Learning di SMP Negeri 2 Majenang pada mata pelajaran PAI dinilai berhasil dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa.

Dosen Pembimbing: Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Islamic Religious Education, Learning Outcomes
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:50
Last Modified: 05 Aug 2025 09:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52754

Actions (login required)

View Item View Item