MUHAMMAD NIBROOS AQILA (2025) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 MAJENANG TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (450kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (248kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Majenang serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI, yang berdampak pada kurangnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan permasalahan yang cukup krusial, mengingat PAI memiliki peran penting dalam membentuk karakter, akhlak, dan nilai-nilai spiritual siswa. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap permasalahan ini adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru, yang cenderung monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning di SMP Negeri 2 Majenang pada mata pelajaran PAI melalui berbagai prinsip seperti everything speaks, experience before label, dan dynamic delivery. Prinsip-prinsip tersebut menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman konsep, partisipasi aktif, dan penguatan karakter. Selain itu, guru juga memberikan penguatan positif yang mendorong motivasi dan kepercayaan diri siswa. Secara keseluruhan, metode ini berdampak positif pada aspek kognitif, afektif, spiritual, dan hasil belajar siswa. Meski demikian, implementasi metode ini juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, dan keterbatasan sarana. Namun, dengan strategi yang tepat dan dukungan sekolah serta orang tua, tantangan tersebut dapat diminimalisir. Berdasarkan hal tersebut, maka implementasi metode Quantum Learning di SMP Negeri 2 Majenang pada mata pelajaran PAI dinilai berhasil dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa.
| Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Islamic Religious Education, Learning Outcomes |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:50 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:50 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
