LAYLI PUTRI ISTIJABAH (2025) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS DI KABUPATEN SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (729kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (271kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (Studi kasus di Kabupaten Sleman). Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Sleman serta pernah berbelanja di Marketplace Shopee. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu sebanyak 202 responden. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Penyebaran kuesioner dalam penelitian ini secara online menggunakan Google forms yang disebarkan secara merata di seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten Sleman. Hasil kuesioner telah di uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan teknik uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas serta menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Pada uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan sebesar 65,7% dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena hasil uji hipotesis menunjukkan hasil positif dan signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Kabupaten Sleman.
| Dosen Pembimbing: | Ayif Fathurrahman, Dr., S.E., SEI, MSI | NIDN0528028701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Price, Convenience, Trust, Purchasing Decisions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:48 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
