LAYLI PUTRI ISTIJABAH (2025) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS DI KABUPATEN SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (Studi kasus di Kabupaten Sleman). Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Sleman serta pernah berbelanja di Marketplace Shopee. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu sebanyak 202 responden. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Penyebaran kuesioner dalam penelitian ini secara online menggunakan Google forms yang disebarkan secara merata di seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten Sleman. Hasil kuesioner telah di uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan teknik uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas serta menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Pada uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan sebesar 65,7% dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena hasil uji hipotesis menunjukkan hasil positif dan signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa persepsi harga, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Kabupaten Sleman.

Dosen Pembimbing: Ayif Fathurrahman, Dr., S.E., SEI, MSI | NIDN0528028701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Price, Convenience, Trust, Purchasing Decisions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:48
Last Modified: 05 Aug 2025 09:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52758

Actions (login required)

View Item View Item