SRI WAHYUNI (2025) TAHAPAN BERPIKIR KRITIS DALAM KISAH NABI IBRAHIM (Q.S. AL-AN'AM: 74-82) MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (669kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (264kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menduduki posisi 69 dari total 80 negara pada hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat membutuhkan peningkatan di berbagai bidang. Salah satu peningkatan yang perlu ditekankan adalah kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tahapan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh nabi Ibrahim dalam Q.S al-An’am: 74-82 menurut tafsir al-Mishbah dan menganalisis hambatan apa saja yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim dalam proses berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian kepustakaan atau (library research), yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam materi yang terdapat di ruang kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan tahapan berpikir kritis nabi Ibrahim meliputi berangkat dari kegelisahan intelektual,observasi terhadap fenomena alam, kesimpulan yang meyakinkan, dan aksi nyata. Terdapat hambatan yang dihadapi Nabi Ibrahim berupa tekanan sosial-budaya, konflik keluarga, hambatan ideologis dan hambatan eksistensial dan spiritual. Adapun Nilainilai berpikir kritis Nabi Ibrahim dalam Q.S. al-An’am ayat 74–82 memiliki implikasi yang signifikan terhadap penguatan pendidikan Islam. Keteladanan Nabi Ibrahim dalam hal kejujuran intelektual, kemampuan evaluatif, dan keberanian menentang arus tradisi sangat relevan untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum dan metode pembelajaran modern, termasuk Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.
| Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Stages, critical thinking, obstacles, Prophet Ibrahim, Tafsīr alMiṣbāḥ |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:40 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:40 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
