SRI WAHYUNI (2025) TAHAPAN BERPIKIR KRITIS DALAM KISAH NABI IBRAHIM (Q.S. AL-AN'AM: 74-82) MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menduduki posisi 69 dari total 80 negara pada hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat membutuhkan peningkatan di berbagai bidang. Salah satu peningkatan yang perlu ditekankan adalah kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tahapan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh nabi Ibrahim dalam Q.S al-An’am: 74-82 menurut tafsir al-Mishbah dan menganalisis hambatan apa saja yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim dalam proses berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian kepustakaan atau (library research), yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam materi yang terdapat di ruang kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan tahapan berpikir kritis nabi Ibrahim meliputi berangkat dari kegelisahan intelektual,observasi terhadap fenomena alam, kesimpulan yang meyakinkan, dan aksi nyata. Terdapat hambatan yang dihadapi Nabi Ibrahim berupa tekanan sosial-budaya, konflik keluarga, hambatan ideologis dan hambatan eksistensial dan spiritual. Adapun Nilainilai berpikir kritis Nabi Ibrahim dalam Q.S. al-An’am ayat 74–82 memiliki implikasi yang signifikan terhadap penguatan pendidikan Islam. Keteladanan Nabi Ibrahim dalam hal kejujuran intelektual, kemampuan evaluatif, dan keberanian menentang arus tradisi sangat relevan untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum dan metode pembelajaran modern, termasuk Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.

Dosen Pembimbing: Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stages, critical thinking, obstacles, Prophet Ibrahim, Tafsīr alMiṣbāḥ
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:40
Last Modified: 05 Aug 2025 09:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52765

Actions (login required)

View Item View Item