AZIS SAPUTRO (2025) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL JOGJA-SOLO TERHADAP KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL KRONGGAHAN YOGYAKARTA DENGAN METODE PKJI 2023 DAN PTV VISSIM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jalan Tol Jogja-Solo dibangun untuk meningkatkan konektivitas antara Yogyakarta dan Surakarta. Salah satu ruas yang sedang dibangun adalah Trihanggo– Purwomartani yang dibuat sebagai jalan layang dan melintasi wilayah Sleman yang padat lalu lintas. Pada pembangunan jalan tol ini salah satu simpang yang terdampak adalah Simpang Kronggahan. Simpang ini merupakan simpang bersinyal yang ramai pada jam sibuk dan berisiko mengalami kemacetan serta penurunan kinerja karena dampak pembangunan tol. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Simpang Kronggahan dan mencari solusi agar kinerja simpang menjadi optimal. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder untuk menganalisis kinerja simpang. Analisis dilakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan pemodelan dengan bantuan perangkat lunak PTV VISSIM. Selanjutnya, disusun beberapa alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang. Dari hasil analisis kinerja eksisting simpang Kronggahan didapatkan nilai tundaan simpang berdasarkan PKJI 2023 didapatkan hasil sebesar 54,47 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Sementara hasil pemodelan PTV VISSIM didapatkan hasil sebesar 51,06 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Alternatif solusi yang terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang adalah perubahan waktu siklus sebesar 108 detik dengan durasi waktu kuning dan all red mengikuti kondisi eksisting dan dilakukan pelebaran pada pada lengan utara sebesar 1 meter dan lengan selatan sebesar 1,2 meter. Dari hasil analisis alertnatif solusi didapatkan nilai tundaan simpang berdasarkan PKJI 2023 didapatkan hasil sebesar 39,97 detik/smp dengan tingkat pelayanan D. Sementara hasil pemodelan PTV VISSIM didapatkan hasil sebesar 34,16 detik/smp dengan tingkat pelayanan D.

Dosen Pembimbing: Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intersection Performance, PKJI 2023, PTV VISSIM, Delay, Level of Service
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:36
Last Modified: 05 Aug 2025 09:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52769

Actions (login required)

View Item View Item