AZIS SAPUTRO (2025) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL JOGJA-SOLO TERHADAP KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL KRONGGAHAN YOGYAKARTA DENGAN METODE PKJI 2023 DAN PTV VISSIM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (217kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Jalan Tol Jogja-Solo dibangun untuk meningkatkan konektivitas antara Yogyakarta dan Surakarta. Salah satu ruas yang sedang dibangun adalah Trihanggo– Purwomartani yang dibuat sebagai jalan layang dan melintasi wilayah Sleman yang padat lalu lintas. Pada pembangunan jalan tol ini salah satu simpang yang terdampak adalah Simpang Kronggahan. Simpang ini merupakan simpang bersinyal yang ramai pada jam sibuk dan berisiko mengalami kemacetan serta penurunan kinerja karena dampak pembangunan tol. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja Simpang Kronggahan dan mencari solusi agar kinerja simpang menjadi optimal. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder untuk menganalisis kinerja simpang. Analisis dilakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan pemodelan dengan bantuan perangkat lunak PTV VISSIM. Selanjutnya, disusun beberapa alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang. Dari hasil analisis kinerja eksisting simpang Kronggahan didapatkan nilai tundaan simpang berdasarkan PKJI 2023 didapatkan hasil sebesar 54,47 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Sementara hasil pemodelan PTV VISSIM didapatkan hasil sebesar 51,06 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Alternatif solusi yang terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang adalah perubahan waktu siklus sebesar 108 detik dengan durasi waktu kuning dan all red mengikuti kondisi eksisting dan dilakukan pelebaran pada pada lengan utara sebesar 1 meter dan lengan selatan sebesar 1,2 meter. Dari hasil analisis alertnatif solusi didapatkan nilai tundaan simpang berdasarkan PKJI 2023 didapatkan hasil sebesar 39,97 detik/smp dengan tingkat pelayanan D. Sementara hasil pemodelan PTV VISSIM didapatkan hasil sebesar 34,16 detik/smp dengan tingkat pelayanan D.
| Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Intersection Performance, PKJI 2023, PTV VISSIM, Delay, Level of Service |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:36 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
