ALYA HASNA KHOIRUNNISA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI USTAZ FAHRUDDIN FAIZ DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH FILSAFAT DI AKUN YOUTUBE @MJSCHANNEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di tengah kemajuan era digital, dakwah mengalami transformasi dalam penyampaian pesannya. Salah satunya yakni dakwah filsafat yang disampaikan oleh Ustaz Fahruddin Faiz melalui kanal YouTube @mjschannel. Filsafat yang selama ini dianggap sebagai ilmu yang rumit, dibawakan menjadi dakwah yang mudah dipahami dan diterima oleh berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Ustaz Fahruddin Faiz dalam menyampaikan dakwah filsafat di akun YouTube @mjschannel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi konten video, serta wawancara dengan subjek yaitu Ustaz Fahruddin Faiz dan Latif tim media MJS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustaz Faiz secara tidak langsung menerapkan teknik strategi komunikasi yakni redundancy, canalizing, informatif, persuasif, dan edukatif, sedangkan teknik koersif tidak ditemukan. Komponen langkah strategi komunikasi seperti mengenal khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan, serta memilih metode dan media tidak diterapkan. Tim media MJS berperan sebagai pendukung teknik tanpa merancang strategi komunikasi. Konten dakwah dipublikasikan dengan mempertahankan keaslian pesan dakwah Ustaz Faiz.

Dosen Pembimbing: Imam Suprabowo, Dr., S.Sos.I., M.Pd.I. | NIDN0513028702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication Strategy, Da'wah Philosophy,Ustaz Fahruddin Faiz , YouTube
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:34
Last Modified: 05 Aug 2025 09:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52772

Actions (login required)

View Item View Item