ALYA HASNA KHOIRUNNISA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI USTAZ FAHRUDDIN FAIZ DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH FILSAFAT DI AKUN YOUTUBE @MJSCHANNEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (539kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (414kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Di tengah kemajuan era digital, dakwah mengalami transformasi dalam penyampaian pesannya. Salah satunya yakni dakwah filsafat yang disampaikan oleh Ustaz Fahruddin Faiz melalui kanal YouTube @mjschannel. Filsafat yang selama ini dianggap sebagai ilmu yang rumit, dibawakan menjadi dakwah yang mudah dipahami dan diterima oleh berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Ustaz Fahruddin Faiz dalam menyampaikan dakwah filsafat di akun YouTube @mjschannel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi konten video, serta wawancara dengan subjek yaitu Ustaz Fahruddin Faiz dan Latif tim media MJS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustaz Faiz secara tidak langsung menerapkan teknik strategi komunikasi yakni redundancy, canalizing, informatif, persuasif, dan edukatif, sedangkan teknik koersif tidak ditemukan. Komponen langkah strategi komunikasi seperti mengenal khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan, serta memilih metode dan media tidak diterapkan. Tim media MJS berperan sebagai pendukung teknik tanpa merancang strategi komunikasi. Konten dakwah dipublikasikan dengan mempertahankan keaslian pesan dakwah Ustaz Faiz.
| Dosen Pembimbing: | Imam Suprabowo, Dr., S.Sos.I., M.Pd.I. | NIDN0513028702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Da'wah Philosophy,Ustaz Fahruddin Faiz , YouTube |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:34 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:34 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
