AFIFAH SAAKILAH (2025) ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG DALAM UPAYA PERBAIKAN DAN PENGEMBANGAN KUALITAS OBJEK WISATA AIR TERJUN JUMOG DI KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel usia, pendapatan, pendidikan, jenis kelamin, biaya rekreasi dan frekuensi kunjungan mempengaruhi kesediaan membayar (Willingness to Pay) pengunjung dalam upaya perbaikan dan pengembangan kualitas objek wisata Air Terjun Jumog di Kabupaten Karanganyar. Subjek dalam penelitian ini adalah pengunjung Air Terjun Jumog dengan sampel berjumlah 242 responden dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi Binary Logistic dengan pendekatan Contingent Valuation Method (CVM). Menurut hasil analasis nilai rata-rata Willingness to Pay sebesar Rp23.000,00 dengan dichotomous choice. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel usia, pendapatan dan biaya rekreasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Willingness to Pay, sedangkan variabel pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Willingness to Pay, dan variabel jenis kelamin dan frekuensi kunjungan berpengaruh berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Willingness to Pay.

Dosen Pembimbing: Endah Saptutyningsih, Prof. Dr., S.E., M.Si. | NIDN0529117502
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Willingness to Pay (WTP); Contingent Valuation Method (CVM); Binary Logistics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:31
Last Modified: 05 Aug 2025 09:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52774

Actions (login required)

View Item View Item