RIDHO ARIFIN WAHID (2025) INTERNALISASI KONSEP AḌ-ḌARŪRAH PADA MATERI TAHARAH DI KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsep aḍ-ḍarūrah dalam fikih merupakan salah satu prinsip yang memberikan solusi hukum Islam dalam kondisi darurat. Materi tayamum yang terdapat dalam buku ajar Fikih kelas X Kurikulum ISMUBA mencerminkan penerapan prinsip ini, meskipun tidak disebutkan secara eksplisit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana materi tayamum dijelaskan dalam dokumen kurikulum ISMUBA serta bagaimana konsep aḍ-ḍarūrah dapat diinternalisasikan dalam pembelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis dokumen. Sumber data utama terdiri dari dokumen kurikulum ISMUBA tahun 2022 dan buku ajar Fikih kelas X, serta diperkuat dengan referensi jurnal dan pustaka yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi tayamum disajikan secara ringkas namun substansial, terintegrasi dalam bab taharah. Buku ajar ini secara efektif menguraikan definisi, landasan dalil, dan kondisi-kondisi yang membolehkan tayamum sebagai sebuah rukhṣah sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, meskipun terdapat kekurangan dalam visualisasi tata cara tayayumm serta tidak adanya pembahasan mengenai halhal yang membatalkan tayamum. Konsep aḍ-ḍarūrah dapat diinternalisasikan ke dalam materi thaharah adalah konsep aḍ-ḍarūrah yang disesuaikan dengan kemampuan siswa yang mencakup definisi, dalil, serta batasan atau kriteria penggunaan aḍ-ḍarūrah serta didukung dengan pengembangan strategi pembelajaran inovatif, internalisasi konsep aḍ-ḍarūrah ini bisa menjadi landasan untuk meahami fikih kontemporer dalam Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Jilid 3 tentang fikih bencana. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran fikih yang kontekstual dan solutif.

Dosen Pembimbing: Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aḍ-ḍarūrah, tayamum, internalization of concepts, Ismuba, fiqh
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:29
Last Modified: 05 Aug 2025 09:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52779

Actions (login required)

View Item View Item