RIDHO ARIFIN WAHID (2025) INTERNALISASI KONSEP AḌ-ḌARŪRAH PADA MATERI TAHARAH DI KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (624kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (328kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Konsep aḍ-ḍarūrah dalam fikih merupakan salah satu prinsip yang memberikan solusi hukum Islam dalam kondisi darurat. Materi tayamum yang terdapat dalam buku ajar Fikih kelas X Kurikulum ISMUBA mencerminkan penerapan prinsip ini, meskipun tidak disebutkan secara eksplisit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana materi tayamum dijelaskan dalam dokumen kurikulum ISMUBA serta bagaimana konsep aḍ-ḍarūrah dapat diinternalisasikan dalam pembelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis dokumen. Sumber data utama terdiri dari dokumen kurikulum ISMUBA tahun 2022 dan buku ajar Fikih kelas X, serta diperkuat dengan referensi jurnal dan pustaka yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi tayamum disajikan secara ringkas namun substansial, terintegrasi dalam bab taharah. Buku ajar ini secara efektif menguraikan definisi, landasan dalil, dan kondisi-kondisi yang membolehkan tayamum sebagai sebuah rukhṣah sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, meskipun terdapat kekurangan dalam visualisasi tata cara tayayumm serta tidak adanya pembahasan mengenai halhal yang membatalkan tayamum. Konsep aḍ-ḍarūrah dapat diinternalisasikan ke dalam materi thaharah adalah konsep aḍ-ḍarūrah yang disesuaikan dengan kemampuan siswa yang mencakup definisi, dalil, serta batasan atau kriteria penggunaan aḍ-ḍarūrah serta didukung dengan pengembangan strategi pembelajaran inovatif, internalisasi konsep aḍ-ḍarūrah ini bisa menjadi landasan untuk meahami fikih kontemporer dalam Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Jilid 3 tentang fikih bencana. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran fikih yang kontekstual dan solutif.
| Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, Dr, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | aḍ-ḍarūrah, tayamum, internalization of concepts, Ismuba, fiqh |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:29 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
