NAUFAL NAJMUDIN AKMAL ALMAS'UDI (2025) DAMPAK GADGET TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Gadget merupakan bagian penting dalam kehidupan pelajar saat ini dan berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter serta nilai-nilai keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari lima siswa dan satu guru Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki peran ganda. Di satu sisi, gadget dapat digunakan sebagai media pembelajaran agama melalui aplikasi Al-Qur�an digital, video ceramah, dan konten dakwah yang meningkatkan motivasi ibadah dan pemahaman nilai keislaman. Di sisi lain, penggunaan yang tidak terkontrol berdampak negatif terhadap karakter religius, seperti menurunnya semangat ibadah, gangguan konsentrasi belajar, dan kecenderungan individualisme. Temuan ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan gadget masih didominasi oleh aspek hiburan dibandingkan edukasi religius. Guru dan sekolah memiliki peran penting dalam mengarahkan penggunaan gadget agar dapat dimanfaatkan secara positif untuk mendukung pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan agama Islam, khususnya dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan nilai-nilai religius. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi referensi bagi guru, sekolah, orang tua, serta penelitian selanjutnya dalam memaksimalkan manfaat gadget dalam pembentukan karakter siswa.

Dosen Pembimbing: Muhammad Azhar, Prof. Dr. Drs., M.Ag. | NIDN0508086101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gadgets, religious character, students, Islamic religious education, character formation
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:18
Last Modified: 05 Aug 2025 09:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52789

Actions (login required)

View Item View Item