NAUFAL NAJMUDIN AKMAL ALMAS'UDI (2025) DAMPAK GADGET TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (609kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (158kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Gadget merupakan bagian penting dalam kehidupan pelajar saat ini dan berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter serta nilai-nilai keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari lima siswa dan satu guru Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki peran ganda. Di satu sisi, gadget dapat digunakan sebagai media pembelajaran agama melalui aplikasi Al-Qur�an digital, video ceramah, dan konten dakwah yang meningkatkan motivasi ibadah dan pemahaman nilai keislaman. Di sisi lain, penggunaan yang tidak terkontrol berdampak negatif terhadap karakter religius, seperti menurunnya semangat ibadah, gangguan konsentrasi belajar, dan kecenderungan individualisme. Temuan ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan gadget masih didominasi oleh aspek hiburan dibandingkan edukasi religius. Guru dan sekolah memiliki peran penting dalam mengarahkan penggunaan gadget agar dapat dimanfaatkan secara positif untuk mendukung pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan agama Islam, khususnya dalam pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan nilai-nilai religius. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi referensi bagi guru, sekolah, orang tua, serta penelitian selanjutnya dalam memaksimalkan manfaat gadget dalam pembentukan karakter siswa.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Azhar, Prof. Dr. Drs., M.Ag. | NIDN0508086101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | gadgets, religious character, students, Islamic religious education, character formation |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:18 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:18 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
