IRFAN AUFA (2025) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI QUR'ANI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pendidikan agama adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai Qur’ani secara efektif agar dapat diinternalisasi dan diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas guru dalam mengajar menjadi faktor penentu dalam keberhasilan penanaman nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai Qur’ani di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, tiga guru PAI, dan tiga murid SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menggunakan berbagai metode kreatif dalam pembelajaran, seperti diskusi interaktif, pemanfaatan media digital, serta program kelas tahfidz. Pendekatan ini terbukti meningkatkan capaian indikator pembelajaran, interaksi siswa dengan Al-Qur’an dan memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Islam. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti kurangnya tenaga pendidik, tingkat pemahaman siswa yang beragam, serta pengaruh lingkungan luar sekolah yang memengaruhi karakter siswa. Oleh karena itu, diperlukan dukungan lebih lanjut dari pihak sekolah dan orang tua dalam memperkuat sinergi pendidikan agama dan pendidikan umum.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher Creativity, Islamic Religious Education, Quranic Values
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:13
Last Modified: 05 Aug 2025 09:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52795

Actions (login required)

View Item View Item