IRFAN AUFA (2025) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI QUR'ANI DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
|
Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (136kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pendidikan agama adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai Qur’ani secara efektif agar dapat diinternalisasi dan diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas guru dalam mengajar menjadi faktor penentu dalam keberhasilan penanaman nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai Qur’ani di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, tiga guru PAI, dan tiga murid SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta menggunakan berbagai metode kreatif dalam pembelajaran, seperti diskusi interaktif, pemanfaatan media digital, serta program kelas tahfidz. Pendekatan ini terbukti meningkatkan capaian indikator pembelajaran, interaksi siswa dengan Al-Qur’an dan memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Islam. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti kurangnya tenaga pendidik, tingkat pemahaman siswa yang beragam, serta pengaruh lingkungan luar sekolah yang memengaruhi karakter siswa. Oleh karena itu, diperlukan dukungan lebih lanjut dari pihak sekolah dan orang tua dalam memperkuat sinergi pendidikan agama dan pendidikan umum.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teacher Creativity, Islamic Religious Education, Quranic Values |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:13 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:13 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
