HAIDAR HAKIM DIAN PRATAMA (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SALAT FARDHU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas penggunaan game online, faktor penggunaan game online dan dampak penggunaan game online terhadap pelaksanaan ibadah salat fardhu di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Studi ini mengidentifikasi sejumlah faktor yang mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam permainan online, seperti pengaruh lingkungan sosial, kebutuhan hiburan, serta minimnya aktivitas produktif. Permainan game online sering dijadikan pelarian dari kebosanan dan tekanan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi bermain bervariasi antara 1,5 hingga lebih dari 10 jam per hari, yang berdampak signifikan terhadap pelaksanaan ibadah, termasuk keterlambatan dan pengabaian salat. Mahasiswa kerap mengalami konflik batin antara keinginan bermain dan kewajiban religius. Dampak permainan online ditandai dengan dominasi dan konflik yang memengaruhi kualitas spiritual. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dan strategi intervensi agar mahasiswa mampu menyeimbangkan penggunaan teknologi digital dengan praktik ibadah yang konsisten.

Dosen Pembimbing: Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: online games, fardhu prayer, Islamic education students, worship, spirituality
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:04
Last Modified: 05 Aug 2025 09:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52808

Actions (login required)

View Item View Item