HAIDAR HAKIM DIAN PRATAMA (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SALAT FARDHU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas penggunaan game online, faktor penggunaan game online dan dampak penggunaan game online terhadap pelaksanaan ibadah salat fardhu di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Studi ini mengidentifikasi sejumlah faktor yang mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam permainan online, seperti pengaruh lingkungan sosial, kebutuhan hiburan, serta minimnya aktivitas produktif. Permainan game online sering dijadikan pelarian dari kebosanan dan tekanan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi bermain bervariasi antara 1,5 hingga lebih dari 10 jam per hari, yang berdampak signifikan terhadap pelaksanaan ibadah, termasuk keterlambatan dan pengabaian salat. Mahasiswa kerap mengalami konflik batin antara keinginan bermain dan kewajiban religius. Dampak permainan online ditandai dengan dominasi dan konflik yang memengaruhi kualitas spiritual. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dan strategi intervensi agar mahasiswa mampu menyeimbangkan penggunaan teknologi digital dengan praktik ibadah yang konsisten.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | online games, fardhu prayer, Islamic education students, worship, spirituality |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:04 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
