LATIFATUN NI'MAH (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI RADIKALISME PADA KALANGAN REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (594kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (25kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter remaja agar memiliki pemahaman keagamaan yang moderat serta kemampuan berpikir kritis. Melalui pembelajaran PAI, para remaja diharapkan memiliki dasar pengetahuan yang cukup untuk menolak pengaruh paham radikalisme. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi Pendidikan Agama Islam sebagai upaya antisipasi terhadap radikalisme di kalangan pelajar SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dalam mengantisipasi radikalisme dilakukan melalui berbagai program keagamaan seperti pelaksanaan sholat berjamaah, ceramah singkat (kultum), serta kegiatan sosial berbasis keagamaan. Selain itu, guru berperan sebagai figur teladan yang menanamkan nilai-nilai Islam moderat dengan pendekatan dialogis dan pembelajaran yang kontekstual. Upaya tersebut tidak hanya membentuk kebiasaan beribadah yang baik, tetapi juga memperkuat ketahanan ideologis siswa terhadap paham radikal.
| Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Islamic Religious Education, Radicalism, Teenagers, Religious Moderation, Religious Character |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:01 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:01 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
