LATIFATUN NI'MAH (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI RADIKALISME PADA KALANGAN REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter remaja agar memiliki pemahaman keagamaan yang moderat serta kemampuan berpikir kritis. Melalui pembelajaran PAI, para remaja diharapkan memiliki dasar pengetahuan yang cukup untuk menolak pengaruh paham radikalisme. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi Pendidikan Agama Islam sebagai upaya antisipasi terhadap radikalisme di kalangan pelajar SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dalam mengantisipasi radikalisme dilakukan melalui berbagai program keagamaan seperti pelaksanaan sholat berjamaah, ceramah singkat (kultum), serta kegiatan sosial berbasis keagamaan. Selain itu, guru berperan sebagai figur teladan yang menanamkan nilai-nilai Islam moderat dengan pendekatan dialogis dan pembelajaran yang kontekstual. Upaya tersebut tidak hanya membentuk kebiasaan beribadah yang baik, tetapi juga memperkuat ketahanan ideologis siswa terhadap paham radikal.

Dosen Pembimbing: Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Religious Education, Radicalism, Teenagers, Religious Moderation, Religious Character
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:01
Last Modified: 05 Aug 2025 09:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52812

Actions (login required)

View Item View Item