RESTU NURHALIMAH (2025) PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGISMAHASISWA PUTM PUTRI DENGAN PENDEKATAN CBE(COMPETENCE BASED EDUCATION). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (974kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (178kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pedagogis seorang guru merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap guru agar proses pembelajaran menjadi berkualitas. Namun, pada kenyataannya masih banyak ditemukan permasalahan-permasalahan terkait kualitas pedagogis guru yang menyebabkan pembelajaran tidak berjalan sesuai rancangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan Competence Based Education (CBE) dalam penguatan kompetensi pedagogis mahasiswa PUTM putri. Kompetensi pedagogis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki calon guru untuk menyelenggarakan pembelajaran secara efektif. kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dari lima informan utama yang terdiri dari dosen penyusun kurikulum, pamong asrama, pembina organisasi, dan mahasiswa PUTM Putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBE diimplementasikan melalui desain kurikulum berbasis capaian kompetensi, peran aktif dosen dan pamong dalam pembinaan terintegrasi, serta dukungan lingkungan asrama dan organisasi kemahasiswaan (IMTM) sebagai ruang praktik pedagogis. Pendekatan ini memungkinkan pembentukan kompetensi yang aplikatif dan kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perbaikan sistem pembelajaran berbasis kompetensi yang lebih terstruktur serta penguatan kolaborasi antara akademik, asrama, dan organisasi dalam rangka membentuk guru muslimah yang profesional dan adaptif.
| Dosen Pembimbing: | Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd.I., M.A. | NIDN0522018701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Competence Based Education, Pedagogical Competence, Tarjih Ulama Education, Female PUTM Students |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:52 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 01:52 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
