RESTU NURHALIMAH (2025) PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGISMAHASISWA PUTM PUTRI DENGAN PENDEKATAN CBE(COMPETENCE BASED EDUCATION). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pedagogis seorang guru merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap guru agar proses pembelajaran menjadi berkualitas. Namun, pada kenyataannya masih banyak ditemukan permasalahan-permasalahan terkait kualitas pedagogis guru yang menyebabkan pembelajaran tidak berjalan sesuai rancangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan Competence Based Education (CBE) dalam penguatan kompetensi pedagogis mahasiswa PUTM putri. Kompetensi pedagogis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki calon guru untuk menyelenggarakan pembelajaran secara efektif. kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dari lima informan utama yang terdiri dari dosen penyusun kurikulum, pamong asrama, pembina organisasi, dan mahasiswa PUTM Putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBE diimplementasikan melalui desain kurikulum berbasis capaian kompetensi, peran aktif dosen dan pamong dalam pembinaan terintegrasi, serta dukungan lingkungan asrama dan organisasi kemahasiswaan (IMTM) sebagai ruang praktik pedagogis. Pendekatan ini memungkinkan pembentukan kompetensi yang aplikatif dan kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perbaikan sistem pembelajaran berbasis kompetensi yang lebih terstruktur serta penguatan kolaborasi antara akademik, asrama, dan organisasi dalam rangka membentuk guru muslimah yang profesional dan adaptif.

Dosen Pembimbing: Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd.I., M.A. | NIDN0522018701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Competence Based Education, Pedagogical Competence, Tarjih Ulama Education, Female PUTM Students
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:52
Last Modified: 05 Aug 2025 01:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52830

Actions (login required)

View Item View Item