DANNY PRIMA ARLIDA (2025) IMPLEMENTASI AUPB DALAM PELAYANAN BPOM DAN BSN DI PT GAJAH ASRI RAYA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik adalah pelayanan yang dilakukan oleh kelompok birokasi pemerintahan untuk memberikan bantuan dalam menjalankan tugas pemerintahan yang baik kepada masyarakat melalui penyediaan pelayanan publik administrasi perizinan BPOM dan BSN. Penelitian ini untuk menganalisis implementasi AUPB dalam pelayanan BPOM dan BSN di PT Gajah Asri Raya. Pihak BPOM dan SNI seyogyanya menerapkan pelayanan publik yang sesuai berdasarkan pedoman dalam AUPB. Legalitas usaha sangat penting bagi perusahaan, perizinan merupakan perlindungan dan bukti resmi secara hukum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan antara penelitian normatif dan penelitian empiris dengan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan analisis data secara kualitatif dari studi pustaka maupun dari hasil penelitian lapangan. Implementasi pelayanan publik yang diberikan kepada PT Gajah Asri Raya mengalami permasalahan utama yang dihadapi perusahaan proses registrasi produk yang tidak transparan, tidak memiliki kejelasan, dan mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi terkait progres pendaftaran menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada perencanaan produksi dan pemasaran produk mereka. Pelayanan BPOM dan BSN yang belum sesuai dengan AUPB di antaranya asas kepastian hukum, asas keterbukaan, dan asas pelayanan yang baik. Pihak BPOM dan SNI seharusnya menerapkan pelayanan publik yang sesuai berdasarkan pedoman dalam AUPB.

Dosen Pembimbing: Putri Anggia, S.H., M.H. | NIDN0530128401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AAUPB, BPOM, Legality of permits, SNI
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Bima
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:30
Last Modified: 15 Aug 2025 06:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52843

Actions (login required)

View Item View Item