DANNY PRIMA ARLIDA (2025) IMPLEMENTASI AUPB DALAM PELAYANAN BPOM DAN BSN DI PT GAJAH ASRI RAYA CIREBON. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (521kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (283kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan publik adalah pelayanan yang dilakukan oleh kelompok birokasi pemerintahan untuk memberikan bantuan dalam menjalankan tugas pemerintahan yang baik kepada masyarakat melalui penyediaan pelayanan publik administrasi perizinan BPOM dan BSN. Penelitian ini untuk menganalisis implementasi AUPB dalam pelayanan BPOM dan BSN di PT Gajah Asri Raya. Pihak BPOM dan SNI seyogyanya menerapkan pelayanan publik yang sesuai berdasarkan pedoman dalam AUPB. Legalitas usaha sangat penting bagi perusahaan, perizinan merupakan perlindungan dan bukti resmi secara hukum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan antara penelitian normatif dan penelitian empiris dengan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan analisis data secara kualitatif dari studi pustaka maupun dari hasil penelitian lapangan. Implementasi pelayanan publik yang diberikan kepada PT Gajah Asri Raya mengalami permasalahan utama yang dihadapi perusahaan proses registrasi produk yang tidak transparan, tidak memiliki kejelasan, dan mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi terkait progres pendaftaran menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada perencanaan produksi dan pemasaran produk mereka. Pelayanan BPOM dan BSN yang belum sesuai dengan AUPB di antaranya asas kepastian hukum, asas keterbukaan, dan asas pelayanan yang baik. Pihak BPOM dan SNI seharusnya menerapkan pelayanan publik yang sesuai berdasarkan pedoman dalam AUPB.
| Dosen Pembimbing: | Putri Anggia, S.H., M.H. | NIDN0530128401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | AAUPB, BPOM, Legality of permits, SNI |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:30 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 06:30 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
