IMAM WAHYUDI (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF GURU KEPADA SISWA SD DIFABEL GRAHITA KELAS 5 SD DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (635kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (621kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan inklusif, komunikasi antara guru dan siswa difabel grahita memiliki peran penting dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan manusiawi. Guru tidak hanya dituntut untuk menyampaikan materi, tetapi juga mampu membangun interaksi yang mendukung perkembangan kognitif dan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh guru kepada siswa difabel grahita kelas 5 SD di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan sebagai landasan analisis adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan komunikasi yang sederhana, jelas, dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, serta memanfaatkan media visual dan alat peraga dalam menyampaikan pesan. Pendekatan personal dan emosional juga diterapkan untuk membangun hubungan positif antara guru dan siswa. Faktor pendukung komunikasi persuasif meliputi pelatihan guru, dukungan fasilitas sekolah, dan keterlibatan orang tua. Supervisi dari kepala sekolah turut memperkuat efektivitas komunikasi tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa difabel grahita dalam pembelajaran.
| Dosen Pembimbing: | Aly Aulia, Lc., M.Hum. and Dhimas Aryo Vipha Ananda, S.Sn., M.Sn. | NIDN0517058201, NIDN0241758659130233 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Persuasive Communication, Education for the Mentally, Emotional Approach |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:49 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:49 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
