IMAM WAHYUDI (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF GURU KEPADA SISWA SD DIFABEL GRAHITA KELAS 5 SD DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan inklusif, komunikasi antara guru dan siswa difabel grahita memiliki peran penting dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan manusiawi. Guru tidak hanya dituntut untuk menyampaikan materi, tetapi juga mampu membangun interaksi yang mendukung perkembangan kognitif dan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh guru kepada siswa difabel grahita kelas 5 SD di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan sebagai landasan analisis adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan komunikasi yang sederhana, jelas, dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, serta memanfaatkan media visual dan alat peraga dalam menyampaikan pesan. Pendekatan personal dan emosional juga diterapkan untuk membangun hubungan positif antara guru dan siswa. Faktor pendukung komunikasi persuasif meliputi pelatihan guru, dukungan fasilitas sekolah, dan keterlibatan orang tua. Supervisi dari kepala sekolah turut memperkuat efektivitas komunikasi tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa difabel grahita dalam pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Aly Aulia, Lc., M.Hum. and Dhimas Aryo Vipha Ananda, S.Sn., M.Sn. | NIDN0517058201, NIDN0241758659130233
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persuasive Communication, Education for the Mentally, Emotional Approach
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:49
Last Modified: 15 Aug 2025 02:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52885

Actions (login required)

View Item View Item