IDHAM IRJIE DHIYA ULHAQ (2025) PROSES PENYELESAIN MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI PROGRAM KERJA SAMA INDONESIA-AUSTRALIA: INOVASI UNTUK ANAK SEKOLAH INDONESIA (INOVASI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas terkait proses penyelesaian pendidikan yang ada di Indonesia dengan fokus bantuan yang diberikan oleh Australia menggunakan program kerja INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia). Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau proses perundingan program INOVASI yang terjalin antara Indonesia dan Australia dengan melihat akar masalah pendidikan fundamental rakyat Indonesia. Penulis menggunakan teori kerja sama internasional yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana Indonesia melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan masalah pendidikan di Indonesia dengan melakukan kerja sama dengan Australia yang terletak di benua yang berbeda. Sedangkan konsep kepentingan nasional digunakan oleh penulis untuk menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai kepentingan untuk memperbaiki kualitas masyarakatnya dengan memperbaiki sarana pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan data sekunder yang diambil dari jurnal, surat kabar, hingga media masa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada proses penyelesaian masalah nasional pendidikan di Indonesia yang diproyeksikan kepada Australia sebagai pihak yang ingin diajak kerja sama. Selain itu, penelitian ini akan menjelaskan benefit dari kemitraan yang dilakukan Indonesia dengan Australia.

Dosen Pembimbing: Surwandono, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0502057101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Australia, International Cooperation, Innovation for Indonesian School Children (INOVASI), Education, National Interest.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: Bima
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:44
Last Modified: 15 Aug 2025 02:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52886

Actions (login required)

View Item View Item