IDHAM IRJIE DHIYA ULHAQ (2025) PROSES PENYELESAIN MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI PROGRAM KERJA SAMA INDONESIA-AUSTRALIA: INOVASI UNTUK ANAK SEKOLAH INDONESIA (INOVASI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (138kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas terkait proses penyelesaian pendidikan yang ada di Indonesia dengan fokus bantuan yang diberikan oleh Australia menggunakan program kerja INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia). Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau proses perundingan program INOVASI yang terjalin antara Indonesia dan Australia dengan melihat akar masalah pendidikan fundamental rakyat Indonesia. Penulis menggunakan teori kerja sama internasional yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana Indonesia melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan masalah pendidikan di Indonesia dengan melakukan kerja sama dengan Australia yang terletak di benua yang berbeda. Sedangkan konsep kepentingan nasional digunakan oleh penulis untuk menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai kepentingan untuk memperbaiki kualitas masyarakatnya dengan memperbaiki sarana pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan data sekunder yang diambil dari jurnal, surat kabar, hingga media masa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada proses penyelesaian masalah nasional pendidikan di Indonesia yang diproyeksikan kepada Australia sebagai pihak yang ingin diajak kerja sama. Selain itu, penelitian ini akan menjelaskan benefit dari kemitraan yang dilakukan Indonesia dengan Australia.
| Dosen Pembimbing: | Surwandono, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0502057101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Indonesia, Australia, International Cooperation, Innovation for Indonesian School Children (INOVASI), Education, National Interest. |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:44 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:44 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
