ANITA SHUFFAH (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA TULI DENGAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DI 'SUNYI' COFFEE GALAXY BEKASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh barista tuli dengan konsumen dengar di ‘Sunyi’ Coffee Galaxy Bekasi menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Komunikasi antara individu tunarungu dan konsumen normal menjadi fenomena penting seiring meningkatnya kesadaran terhadap inklusi disabilitas dalam dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara barista tuli dan konsumen berlangsung secara dua arah, hangat, dan empatik. Proses komunikasi dilakukan melalui Bisindo, ekspresi wajah, tulisan tangan, dan simbol visual yang memudahkan pemahaman pesan. Lingkungan kafe yang mendukung secara fisik dan psikologis turut memperkuat keberhasilan komunikasi. Meski terdapat hambatan seperti keterbatasan standar komunikasi visual dan rendahnya pemahaman konsumen terhadap Bisindo, interaksi tetap dapat terjalin dengan baik selama ada keterbukaan dan kesediaan untuk saling memahami. Penelitian ini menegaskan bahwa keterbatasan pendengaran tidak menjadi hambatan dalam menciptakan komunikasi yang efektif dan bermakna di ruang layanan publik.
| Dosen Pembimbing: | Subkhi Ridho, Dr., M.A. | NIDN0524038201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Deaf Barista, Bisindo, Interpersonal Communication, Sunyi Coffee. |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:20 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:20 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
