ANITA SHUFFAH (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA TULI DENGAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT INDONESIA DI 'SUNYI' COFFEE GALAXY BEKASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh barista tuli dengan konsumen dengar di ‘Sunyi’ Coffee Galaxy Bekasi menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Komunikasi antara individu tunarungu dan konsumen normal menjadi fenomena penting seiring meningkatnya kesadaran terhadap inklusi disabilitas dalam dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara barista tuli dan konsumen berlangsung secara dua arah, hangat, dan empatik. Proses komunikasi dilakukan melalui Bisindo, ekspresi wajah, tulisan tangan, dan simbol visual yang memudahkan pemahaman pesan. Lingkungan kafe yang mendukung secara fisik dan psikologis turut memperkuat keberhasilan komunikasi. Meski terdapat hambatan seperti keterbatasan standar komunikasi visual dan rendahnya pemahaman konsumen terhadap Bisindo, interaksi tetap dapat terjalin dengan baik selama ada keterbukaan dan kesediaan untuk saling memahami. Penelitian ini menegaskan bahwa keterbatasan pendengaran tidak menjadi hambatan dalam menciptakan komunikasi yang efektif dan bermakna di ruang layanan publik.

Dosen Pembimbing: Subkhi Ridho, Dr., M.A. | NIDN0524038201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Deaf Barista, Bisindo, Interpersonal Communication, Sunyi Coffee.
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:20
Last Modified: 15 Aug 2025 02:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52892

Actions (login required)

View Item View Item