MIQDAD MACHRUS (2025) PERAN MDMC (MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER) DALAM MEMBANTU KESIAPAN PERTEMUAN TATAP MUKA DI SLB MUHAMMADIYAH DEKSO KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (352kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (409kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap proses pendidikan di Indonesia, termasuk pada sekolah luar biasa (SLB) yang memiliki karakteristik peserta didik dengan kebutuhan khusus. Kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi tantangan besar, khususnya dalam hal penerapan protokol kesehatan, pengelolaan risiko, serta pemahaman warga sekolah terhadap adaptasi kebiasaan baru. Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), sebagai lembaga penanggulangan bencana milik Persyarikatan Muhammadiyah, turut mengambil peran strategis melalui Program Usaha Bersama Adaptasi Kebiasaan Baru (UBAH) yang dilaksanakan di berbagai sekolah Muhammadiyah, termasuk SLB Muhammadiyah Dekso. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran MDMC dalam membantu kesiapan PTM di SLB Muhammadiyah Dekso. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan relawan MDMC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDMC menjalankan tiga peran utama, yaitu: (1) peran advokasi, melalui pendampingan kebijakan sekolah siaga COVID-19 dan penyusunan standar operasional prosedur (SOP); (2) peran fasilitasi, melalui penyediaan sarana protokol kesehatan dan edukasi visual; serta (3) peran pemberdayaan, melalui pelatihan kader sekolah, peningkatan kapasitas warga sekolah, dan pembentukan budaya siaga. Peran-peran tersebut berkontribusi positif dalam meningkatkan kesiapan sekolah, perubahan perilaku warga sekolah, serta terbentuknya sistem manajemen risiko yang berkelanjutan.
| Dosen Pembimbing: | Rahmawati Husein, S.S., MCP., Ph.D | NIDN0527086501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | MDMC, Face to Face Learning, Covid-19, SLB |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:49 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:49 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
