AFRINDA TIRTA WIDYAPUTRI (2025) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DI DESA WISATA SAMBONGREJO KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG PADA TAHUN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desa wisata merupakan suatu kawasan desa dengan ciri khasnya yang dibuat khusus untuk meningkatkan branding desa engan menjadikannya destinasi wisata. Desa Wisata Sambongrejo merupakan salah satu desa wisata di Blora yang menawarkan Kampung Samin sebagai daya tarik mereka. Desa wisata ini sudah melakukan berbagai kegiatan promosi sebagai usaha mereka agar Desa Wisata Sambongrejo tetap dikenal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Desa Wisata Sambongrejo dalam meningkatkan jumlah pengunjung di tahun 2023-2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tenik analisis data dilakukan menggunakan teknik analasis kualitatif, dengan uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sambongrejo yang dinilai efektif adalah informasi dari mulut ke mulut (word of mouth), selain itu promosi penjualan terbukti cukup efektif memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Sementara strategi promosi lainnya seperti pemasaran langsung dengan menghubungi kembali wisatawan lama masih belum optimal dalam memengaruhi keputusan pengunjung dan kegiatan promosi dalam bentuk public relation seperti event, publikasi kegiatan di media sosial, dan pemberitaan di media online juga terbukti masih belum optimal dalam memengaruhi keputusan pengunjung.

Dosen Pembimbing: Tri Hastuti Nur Rochimah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0508027101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promotion Strategy, Sambongrejo Tourism Village, Increasing Visitors
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:29
Last Modified: 25 Aug 2025 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52942

Actions (login required)

View Item View Item