AFRINDA TIRTA WIDYAPUTRI (2025) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DI DESA WISATA SAMBONGREJO KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG PADA TAHUN 2023-2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (934kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (699kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Desa wisata merupakan suatu kawasan desa dengan ciri khasnya yang dibuat khusus untuk meningkatkan branding desa engan menjadikannya destinasi wisata. Desa Wisata Sambongrejo merupakan salah satu desa wisata di Blora yang menawarkan Kampung Samin sebagai daya tarik mereka. Desa wisata ini sudah melakukan berbagai kegiatan promosi sebagai usaha mereka agar Desa Wisata Sambongrejo tetap dikenal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Desa Wisata Sambongrejo dalam meningkatkan jumlah pengunjung di tahun 2023-2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tenik analisis data dilakukan menggunakan teknik analasis kualitatif, dengan uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi Desa Wisata Sambongrejo yang dinilai efektif adalah informasi dari mulut ke mulut (word of mouth), selain itu promosi penjualan terbukti cukup efektif memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Sementara strategi promosi lainnya seperti pemasaran langsung dengan menghubungi kembali wisatawan lama masih belum optimal dalam memengaruhi keputusan pengunjung dan kegiatan promosi dalam bentuk public relation seperti event, publikasi kegiatan di media sosial, dan pemberitaan di media online juga terbukti masih belum optimal dalam memengaruhi keputusan pengunjung.
| Dosen Pembimbing: | Tri Hastuti Nur Rochimah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0508027101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Sambongrejo Tourism Village, Increasing Visitors |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:29 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
