RAFI AL ZUHDI (2025) UJI KESUKAAN MANGGA MANGGA MADU, MANGGA KIOJAY, DAN MANGGA ARUMANIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buah mangga madu, mangga kiojay, dan mangga arumanis memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini menyebabkan preferensi konsumen berbeda-beda terhadap mangga madu, mangga kiojay, dan mangga arumanis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui varietas mangga mana yang digemari oleh konsumen antara mangga madu, mangga kiojay, dan mangga arumanis serta atribut sensori apa yang paling mempengaruhi konsumen dalam memilih buah mangga. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimental secara kuantitatif yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 3 varietas buah mangga yaitu mangga madu, mangga kiojay, dan mangga arumanis. Parameter yang diamati penelitian adalah uji kekerasan, warna, Total Asam Tertitrasi, Total Padatan Terlarut, serta uji sensori dan hedonik. Uji Hedonik dan sensori (N=62) dilakukan menggunakan skala general Labeled Magnitude Scale (gLMS). Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan ANOVA. Jika terdapat perbedaan nyata yang dilakukan maka dilanjutkan dengan uji menggunakan Tukey dengan taraf α 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beda nyata pada semua parameter yang diujikan pada 3 varietas mangga dengan mangga arumanis adalah varietas mangga yang paling disukai. Dari semua atribut pengamatan penelian ini, atribut rasa merupakan atribut dengan pengaruh paling besar terhadap minat konsumen dalam memilih buah mangga.

Dosen Pembimbing: Chandra Kurnia Setiawan, S.P., M.Sc., Ph.D and Nafi Ananda Utama, Ir., M.S. | NIDN0507108701, NIDN0531086101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Honey mango, Kiojay mango, Arumanis mango, Consumer preference, Sensory, Hedonic
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:28
Last Modified: 25 Aug 2025 03:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52944

Actions (login required)

View Item View Item