RIFQI FAZA FADLI ROSYAD (2025) PERSONAL BRANDING KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKOENAGORO X (CASE STUDY OF PERSONAL BRANDING KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKOENAGORO X, IN INSTAGRAM SOCIAL MEDIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era digital yang terus berkembang pesat ini, media sosial telah menjadi ruang penting bagi individu dan lembaga untuk membangun citra dan berkomunikasi secara luas. Hal ini tidak terkecuali bagi pemimpin tradisional, yang kini diharuskan hadir dalam komunikasi modern agar dapat menjangkau generasi muda. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkoenagoro X, atau yang lebih dikenal sebagai Gusti Bhre, adalah pemimpin budaya Generasi Z yang secara aktif memanfaatkan media sosial untuk membangun merek pribadi yang relevan dan unik. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana Mangkoenagoro X mengembangkan merek pribadinya sebagai pemimpin budaya melalui akun Instagram pribadinya @bhresudjiwo. Studi ini menggunakan teori merek pribadi Peter Montoya (2002), yang mencakup delapan unsur kunci: Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Keunikan, Visibilitas, Konsistensi, Ketekunan, dan Niat Baik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi KGPAA Mangkoenagoro X, Tim Media Sosial, serta pengikut aktif dan pasif akun Instagram @bhresudjiwo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi merek pribadi Mangkoenagoro X autentik dan terstruktur, dengan penekanan pada nilai-nilai budaya dan estetika visual dalam setiap posting. Ia berhasil memposisikan dirinya sebagai pemimpin tradisional yang reflektif, inklusif, dan mudah didekati di ruang publik digital. Namun, terdapat beberapa kelemahan, seperti penggunaan fitur Instagram yang tidak konsisten dan batasan platform. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi yang lebih luas dan terintegrasi untuk memperkuat citranya sebagai pemimpin budaya yang adaptif dan inspiratif di tengah globalisasi.

Dosen Pembimbing: Nur Sofyan, Dr., S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal branding, Instagram, Culture, Generation Z, Javanese Leadership, Mangkunegaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:06
Last Modified: 03 Sep 2025 04:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52972

Actions (login required)

View Item View Item