RIFQI FAZA FADLI ROSYAD (2025) PERSONAL BRANDING KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKOENAGORO X (CASE STUDY OF PERSONAL BRANDING KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKOENAGORO X, IN INSTAGRAM SOCIAL MEDIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (6MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Di era digital yang terus berkembang pesat ini, media sosial telah menjadi ruang penting bagi individu dan lembaga untuk membangun citra dan berkomunikasi secara luas. Hal ini tidak terkecuali bagi pemimpin tradisional, yang kini diharuskan hadir dalam komunikasi modern agar dapat menjangkau generasi muda. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkoenagoro X, atau yang lebih dikenal sebagai Gusti Bhre, adalah pemimpin budaya Generasi Z yang secara aktif memanfaatkan media sosial untuk membangun merek pribadi yang relevan dan unik. Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana Mangkoenagoro X mengembangkan merek pribadinya sebagai pemimpin budaya melalui akun Instagram pribadinya @bhresudjiwo. Studi ini menggunakan teori merek pribadi Peter Montoya (2002), yang mencakup delapan unsur kunci: Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Keunikan, Visibilitas, Konsistensi, Ketekunan, dan Niat Baik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi KGPAA Mangkoenagoro X, Tim Media Sosial, serta pengikut aktif dan pasif akun Instagram @bhresudjiwo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi merek pribadi Mangkoenagoro X autentik dan terstruktur, dengan penekanan pada nilai-nilai budaya dan estetika visual dalam setiap posting. Ia berhasil memposisikan dirinya sebagai pemimpin tradisional yang reflektif, inklusif, dan mudah didekati di ruang publik digital. Namun, terdapat beberapa kelemahan, seperti penggunaan fitur Instagram yang tidak konsisten dan batasan platform. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi yang lebih luas dan terintegrasi untuk memperkuat citranya sebagai pemimpin budaya yang adaptif dan inspiratif di tengah globalisasi.
| Dosen Pembimbing: | Nur Sofyan, Dr., S.I.Kom., M.I.Kom | NIDN0504078901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Personal branding, Instagram, Culture, Generation Z, Javanese Leadership, Mangkunegaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:06 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 04:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
