LUTHFI WILDAN ANSHARI (2025) KINERJA ASPAL PORUS YANG DIMODIFIKASI CRUMB RUBBER MENGGUNAKAN TEKNIK PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Infrastruktur jalan berperan penting dalam distribusi barang, jasa, danmobilitas penduduk. Perkerasan jalan terdiri dari perkerasan lentur (agregat danaspal) serta perkerasan kaku (agregat dan semen) yang memiliki karakteristikberbeda. Curah hujan tinggi dapat menurunkan kinerja pada jalan, khususnya padaperkerasan lentur yang rentan genangan air Salah satu solusinya adalah aspal porus, yang memiliki kadar rongga besar untuk mengalirkan air ke drainase danlapisan dasar kedap air, sehingga mengurangi genangan, meningkatkankeselamatan, dan menurunkan kebisingan. Kinerja campuran beraspal juga dapat ditingkatkan dengan pemilihan material berkualitas atau memodifikasi aspal menggunakan bahan tambahan, salah satunya hasil sampingan dari pemotongandan penggilingan ban bekas atau crumb rubber. Penelitian ini mengkaji aspal porusyang dimodifikasi crumb rubber 10% dengan variasi kadar aspal 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Pengujian menggunakan metode Marshall, cantabro loss, danAsphalt Flow Down, mengacu pada AAPA (1997). Hasil pengujian menunjukkan bahwatidak memiliki kadar aspal optimum karena terdapat nilai stabilitas dibawah batasminimum pada keempat kadar aspal dengan nilai yang berturut 415,41 kg, 431 kg, 401,20 kg, dan 463.48 kg sehingga tidak termasuk dalam spesifikasi AAPA(1997).

Dosen Pembimbing: Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flexible pavement, porous asphalt, crumb rubber, AAPA 1997 Marshall method
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:09
Last Modified: 03 Sep 2025 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52988

Actions (login required)

View Item View Item