LUTHFI WILDAN ANSHARI (2025) KINERJA ASPAL PORUS YANG DIMODIFIKASI CRUMB RUBBER MENGGUNAKAN TEKNIK PENCAMPURAN BASAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (602kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (90kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Infrastruktur jalan berperan penting dalam distribusi barang, jasa, danmobilitas penduduk. Perkerasan jalan terdiri dari perkerasan lentur (agregat danaspal) serta perkerasan kaku (agregat dan semen) yang memiliki karakteristikberbeda. Curah hujan tinggi dapat menurunkan kinerja pada jalan, khususnya padaperkerasan lentur yang rentan genangan air Salah satu solusinya adalah aspal porus, yang memiliki kadar rongga besar untuk mengalirkan air ke drainase danlapisan dasar kedap air, sehingga mengurangi genangan, meningkatkankeselamatan, dan menurunkan kebisingan. Kinerja campuran beraspal juga dapat ditingkatkan dengan pemilihan material berkualitas atau memodifikasi aspal menggunakan bahan tambahan, salah satunya hasil sampingan dari pemotongandan penggilingan ban bekas atau crumb rubber. Penelitian ini mengkaji aspal porusyang dimodifikasi crumb rubber 10% dengan variasi kadar aspal 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Pengujian menggunakan metode Marshall, cantabro loss, danAsphalt Flow Down, mengacu pada AAPA (1997). Hasil pengujian menunjukkan bahwatidak memiliki kadar aspal optimum karena terdapat nilai stabilitas dibawah batasminimum pada keempat kadar aspal dengan nilai yang berturut 415,41 kg, 431 kg, 401,20 kg, dan 463.48 kg sehingga tidak termasuk dalam spesifikasi AAPA(1997).
| Dosen Pembimbing: | Anita Rahmawati, S.T., M.Sc. | NIDN0512067701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Flexible pavement, porous asphalt, crumb rubber, AAPA 1997 Marshall method |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:09 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 03:09 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
