ISNAINI MAHMUDAH (2025) FLASHCARD SEBAGAI METODE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM FASE KERJA BAGI ANAK AUTISME (STUDI DESKRIPTIF TENTANG FLASHCARD SEBAGAI METODE KOMUNIKASI TERAPEUTIK GURU PADA SISWA AUTISME DI SLB BHAKTI KENCANA II, SLEMAN, D. I. YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (375kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (251kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan flashcard sebagai metode komunikasi terapeutik bagi siswa autisme di SLB Bhakti Kencana II, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah keterbatasan komunikasi verbal pada anak autisme yang menghambat proses belajar dan interaksi sosial. Flashcard digunakan guru sebagai media visual untuk menyampaikan instruksi, mengenalkan kosakata, serta melatih pemahaman konsep secara konsisten dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flashcard mampu menjembatani hambatan komunikasi verbal, meningkatkan fokus anak, membangun rutinitas pembelajaran, dan memperkuat hubungan emosional antara guru dan siswa. Dalam fase kerja, guru menyesuaikan penggunaan flashcard dengan karakteristik masing-masing anak sehingga tercipta komunikasi dua arah yang suportif. Dengan demikian, flashcard tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran, tetapi juga sebagai media komunikasi terapeutik yang efektif dalam mendukung perkembangan anak autisme.
| Dosen Pembimbing: | Suciati, Prof. Dr., S.Sos.,M.Si. | NIDN0513047201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | flashcard, therapeutic communication, working phase, children with autism, special school |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:10 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 09:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
