ISNAINI MAHMUDAH (2025) FLASHCARD SEBAGAI METODE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM FASE KERJA BAGI ANAK AUTISME (STUDI DESKRIPTIF TENTANG FLASHCARD SEBAGAI METODE KOMUNIKASI TERAPEUTIK GURU PADA SISWA AUTISME DI SLB BHAKTI KENCANA II, SLEMAN, D. I. YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan flashcard sebagai metode komunikasi terapeutik bagi siswa autisme di SLB Bhakti Kencana II, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah keterbatasan komunikasi verbal pada anak autisme yang menghambat proses belajar dan interaksi sosial. Flashcard digunakan guru sebagai media visual untuk menyampaikan instruksi, mengenalkan kosakata, serta melatih pemahaman konsep secara konsisten dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flashcard mampu menjembatani hambatan komunikasi verbal, meningkatkan fokus anak, membangun rutinitas pembelajaran, dan memperkuat hubungan emosional antara guru dan siswa. Dalam fase kerja, guru menyesuaikan penggunaan flashcard dengan karakteristik masing-masing anak sehingga tercipta komunikasi dua arah yang suportif. Dengan demikian, flashcard tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran, tetapi juga sebagai media komunikasi terapeutik yang efektif dalam mendukung perkembangan anak autisme.

Dosen Pembimbing: Suciati, Prof. Dr., S.Sos.,M.Si. | NIDN0513047201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: flashcard, therapeutic communication, working phase, children with autism, special school
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:10
Last Modified: 29 Aug 2025 09:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52996

Actions (login required)

View Item View Item