FRANCONERO NUGROHO TAFUAMA (2025) PERANCANGAN DESAIN WEBSITE PENJUALAN SPAREPART MESIN KAPAL PADA CV. DHAKSINARGA SARANATAMA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (684kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (232kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
CV. Dhaksinarga Saranatama, sebuah perusahaan penjual sparepart mesin kapal, menghadapi tantangan inefisiensi akibat proses bisnis yang masih berjalan secara konvensional. Metode penjualan melalui penawaran langsung dan pemesanan manual tidak hanya memakan waktu tetapi juga meningkatkan biaya operasional, sehingga menghambat potensi pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan merancang sebuah prototype desain website penjualan yang fungsional dan berpusat pada pengguna sebagai solusi alternatif. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang memastikan setiap solusi desain berorientasi pada kebutuhan dan kemudahan pengguna. Prosesnya dimulai dari pemahaman konteks pengguna melalui wawancara dengan staff purchasing, dilanjutkan dengan perancangan solusi berupa use case dan activity diagram untuk memetakan alur kerja digital. Tahap berikutnya adalah pembuatan prototype high-fidelity sebagai model interaktif, dan diakhiri dengan evaluasi desain melalui usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototype yang dirancang sangat efektif dan efisien. Seluruh partisipan, baik dari sisi konsumen maupun admin, berhasil menyelesaikan semua skenario tugas dengan tingkat keberhasilan 100%. Secara signifikan, prototype ini mampu mereduksi waktu proses pemesanan dari yang sebelumnya memakan waktu rata-rata 6 jam secara manual menjadi hanya dalam hitungan detik. Dengan demikian, prototype desain website ini terbukti menjadi solusi alternatif yang valid untuk menyederhanakan alur kerja, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung modernisasi sistem penjualan di CV. Dhaksinarga Saranatama.
| Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Nurwahyu Alamsyah, S.Kom., M.Kom., M.IM., Ph.D | NIDN0503068601, NIDN0527029004 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Design, User Centered Design, Prototype, Usability Testing, Sales Efficiency |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:07 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 09:07 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
