AZIZAN MAS'UD ALAA'UDDIN (2025) PERANCANGAN WIND TUNNEL BERBASIS DIGITAL UNTUK PENGUJIAN GAYA ANGKAT DAN GAYA SERET. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Wind tunnel merupakan alat eksperimen yang digunakan untuk mengkaji karakteristik aliran fluida terhadap benda uji serta mengukur gaya aerodinamika seperti gaya angkat dan gaya seret. Kebutuhan akan fasilitas pengujian dalam skala laboratorium mendorong dilakukannya perancangan wind tunnel berbasis digital sebagai sarana pembelajaran dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang wind tunnel skala laboratorium yang mampu menghasilkan aliran seragam, memungkinkan visualisasi aliran udara, serta mendukung pengukuran gaya angkat dan gaya seret. Proses perancangan dilakukan melalui tahapan perhitungan dimensi dan pembuatan desain komponen utama seperti contraction, honeycomb, test section, diffuser, dan blower menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor. Wind tunnel yang dirancang memiliki dimensi panjang 3050 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1710 mm. Pengujian dilakukan menggunakan model kubus berukuran 50 mm × 50 mm × 50 mm, dengan data yang diambil meliputi gaya seret, kecepatan aliran, dan temperatur udara. Data tersebut digunakan untuk menghitung Bilangan Reynolds dan coefficient of drag, serta didukung oleh visualisasi aliran menggunakan metode asap untuk mengamati pola aliran di sekitar model. Hasil pengujian menggunakan model berbentuk kubus berukuran 50 mm × 50 mm × 50 mm menunjukkan bahwa gaya seret meningkat dari 0,048 Newton menjadi 0,265 Newton seiring kenaikan kecepatan aliran. Rentang Bilangan Reynolds yang dihasilkan berada antara 17711 hingga 42830. Coefficient of drag terukur relatif konstan pada kisaran 1,01 hingga 1,07. Hasil visualisasi aliran memperlihatkan terjadinya separasi aliran dan pembentukan wake di bagian belakang model, menandakan bahwa wind tunnel yang dirancang mampu digunakan untuk pengujian aerodinamika.

Dosen Pembimbing: Thoharudin, Ir., S.T., M.T., Ph.D. and Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S.T., M.Eng. | NIDN0610048702, NIDN0511128702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: wind tunnel, lift force, drag force, Reynolds number, coefficient of drag, flow visualization
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 09:20
Last Modified: 03 Sep 2025 09:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53008

Actions (login required)

View Item View Item