ZHARIFAH KHOIRUNISA RAHMAWATI (2025) DESCRIPTIVE STUDY OF PERCEPTION OF PERSONAL BRANDING OF ANIES BASWEDAN AS 'ABAH' ON INSTAGRAM ACCOUNT @ANIESBASWEDAN AMONG FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (465kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (625kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media social kini telah berkembang dalam penggunaannya yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah personal branding. Sejak kampanye pemilu 2024 lalu, Anies muncul di social media dengan kemeja formal berwarna biru resistance dan peci berwarna hitam yang menunjukkan sosok berwibawa dan mengayomi. Penampilan Anies yang sering menggunakan kopiah menunjukkan sosok yang religious, sehingga banyak masyarakat melihat Anies sebagai sosok ‘abah’. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Bagaimana persepsi personal branding Anies Baswedan sebagai abah dalam akun Instagram @aniesbaswedan di kalangan followers. Sejak fenomena pemilu tahun 2024, secara tidak langsung tokoh politik berkompetisi dalam membangun personal branding. Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh politik yang aktif menggunakan social media Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif yang bertujuan untuk mendeksirpsikan hasil temuan dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @aniesbaswedan sebanyak 400 responden dan populasi followers Instagram sebanyak 7.500.000. Menggunakan teori oleh Peter Montoya yang menjelaskan 8 hukum konsep pembentukan personal branding yang menjadi dimensi dalam persepsi personal branding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi tertinggi dalam persepsi personal branding Anies Baswedan sebagai abah adalah dimensi the Law of Goodwill sebesar 4.383. hasil daru uji one sample t test menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat persepsi yang kuat terhadap personal branding Anies Baswedan sebagai abah di kalangan followers. Dimensi yang paling kuat adalah the Law of Goodlwill, kemudian dilanjut dimensi the Law of Leadership, the Law of Unity, the Law of Specialization, the Law of Visibility, the Law of Personality, the Law of Persistence, dan the Law of Distinctive.
| Dosen Pembimbing: | Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Perception, Personal Branding, Anies Baswedan, Social Media, Instagram, Followers |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:20 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 09:20 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
