ZHARIFAH KHOIRUNISA RAHMAWATI (2025) DESCRIPTIVE STUDY OF PERCEPTION OF PERSONAL BRANDING OF ANIES BASWEDAN AS 'ABAH' ON INSTAGRAM ACCOUNT @ANIESBASWEDAN AMONG FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media social kini telah berkembang dalam penggunaannya yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah personal branding. Sejak kampanye pemilu 2024 lalu, Anies muncul di social media dengan kemeja formal berwarna biru resistance dan peci berwarna hitam yang menunjukkan sosok berwibawa dan mengayomi. Penampilan Anies yang sering menggunakan kopiah menunjukkan sosok yang religious, sehingga banyak masyarakat melihat Anies sebagai sosok ‘abah’. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Bagaimana persepsi personal branding Anies Baswedan sebagai abah dalam akun Instagram @aniesbaswedan di kalangan followers. Sejak fenomena pemilu tahun 2024, secara tidak langsung tokoh politik berkompetisi dalam membangun personal branding. Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh politik yang aktif menggunakan social media Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif yang bertujuan untuk mendeksirpsikan hasil temuan dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @aniesbaswedan sebanyak 400 responden dan populasi followers Instagram sebanyak 7.500.000. Menggunakan teori oleh Peter Montoya yang menjelaskan 8 hukum konsep pembentukan personal branding yang menjadi dimensi dalam persepsi personal branding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi tertinggi dalam persepsi personal branding Anies Baswedan sebagai abah adalah dimensi the Law of Goodwill sebesar 4.383. hasil daru uji one sample t test menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat persepsi yang kuat terhadap personal branding Anies Baswedan sebagai abah di kalangan followers. Dimensi yang paling kuat adalah the Law of Goodlwill, kemudian dilanjut dimensi the Law of Leadership, the Law of Unity, the Law of Specialization, the Law of Visibility, the Law of Personality, the Law of Persistence, dan the Law of Distinctive.

Dosen Pembimbing: Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. | NIDN0522117001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perception, Personal Branding, Anies Baswedan, Social Media, Instagram, Followers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 09:20
Last Modified: 03 Sep 2025 09:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53010

Actions (login required)

View Item View Item