SERLY WIDYA WATI (2025) STRATEGI PEMASARAN SOSIAL BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM KAMPANYE BAHAYA NARKOBA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INFOBNN_PROV_SUMSEL TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (648kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (651kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan penyalahgunaan narkoba di Indonesia menjadi perhatian serius karena melibatkan berbagai kalangan usia, termasuk generasi muda. Data menunjukkan peningkatan kasus setiap tahun, dengan Sumatera Selatan menempati peringkat kedelapan secara nasional dalam pengungkapan kasus narkoba pada tahun 2024. Menanggapi hal ini, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel) memanfaatkan media sosial Instagram @infobnn_prov_sumsel sebagai platform utama untuk kampanye bahaya narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran sosial yang dilakukan BNNP Sumsel dalam kampanye bahaya narkoba selama tahun 2024 melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dengan Kepala Humas BNNP Sumsel, Admin Media Sosial Instagram BNNP Sumsel, dan lima followers akun Instagram BNNP Sumsel, serta dokumentasi berupa konten-konten Instagram BNNP Sumsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BNNP Sumsel menerapkan strategi pemasaran sosial yang terstruktur, dimulai dari analisis tren isu, perancangan konten pesan, pendekatan dengan audiens, pelaksanaan strategi, hingga evaluasi dan monitoring. Strategi ini menggunakan pendekatan kreatif, informatif, dan menghibur agar pesan edukasi mudah diterima, terutama di kalangan anak muda. BNNP Sumsel aktif memanfaatkan berbagai fitur Instagram seperti Reels, Story, Feed, Caption, Highlight, dan Live, serta berkolaborasi dengan influencer dan perguruan tinggi untuk memperluas jangkauan kampanye. Evaluasi dilakukan secara rutin triwulan melalui data insight Instagram, seperti jumlah viewers, likes, komentar, dan share untuk mengukur efektivitas kampanye dan meningkatkan kesadaran audiens. Meskipun strategi ini telah berhasil pada tahap output, tetapi penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa optimalisasi fitur interaktif Instagram (seperti polling, Q&A, dan broadcast) dan perluasan kolaborasi dengan instansi lain yang terkait masih dapat ditingkatkan untuk mencapai perubahan perilaku (outcome) dan dampak sosial jangka panjang (impact).
| Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. and Denis Hida Lutfiana Stefani, S.I.Kom., M.A | NIDN0604127801, NIDN201477 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Social Marketing Strategy, BNNP South Sumatra, Campaign, Drug Dangers, Instagram |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:05 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 09:05 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
