ADRIAN REZHA ANLISTYA NUGRAHA (2025) PERANCANGAN DESAIN WEBSITE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK CHEMICAL MAINTENANCE PADA CV. GONDANG BUMI LESTARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang prototype website sebagai strategi pemasaran untuk CV. Gondang Bumi Lestari, sebuah perusahaan B2B di bidang Chemical maintenance. Perusahaan yang awalnya mengandalkan pemasaran B2B tradisional secara langsung dari pintu ke pintu (doorto-door), mengalami kendala dalam upaya modernisasi pemasarannya. Upaya transisi melalui media sosial terbukti tidak efektif karena platform tersebut tidak sesuai untuk menyajikan informasi produk yang bersifat teknis dan detail. Akibatnya, perusahaan gagal mengatasi keterbatasan jangkauan metode tradisional dan tidak memiliki kanal digital yang profesional untuk membangun kepercayaan pelanggan industri. Metode penelitian menggunakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC), yang mencakup tahapan analisis kebutuhan hingga pembuatan prototype. Validasi solusi dilakukan melalui metode User acceptance testing (UAT) untuk menguji tingkat penerimaan prototype oleh owner dan customer sebagai solusi yang efektif. Hasil pengujian menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat tinggi. Disimpulkan bahwa prototype website yang dirancang berhasil diterima sebagai solusi karena secara spesifik menjawab dua masalah utama tersebut yaitu menyediakan platform yang mampu menyajikan informasi produk secara lengkap dan terstruktur, sekaligus membangun citra merek yang profesional untuk meningkatkan brand awareness.

Dosen Pembimbing: Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Eko Prasetyo, Ir., M.Eng., Ph.D. | NIDN0503068601, NIDN0522046701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Website Prototype, Chemical maintenance, Marketing, SDLC, UAT
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 09:04
Last Modified: 03 Sep 2025 09:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53029

Actions (login required)

View Item View Item