NAURA HASNA ZAHIDA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PERTAMINA PATRA NIAGA FUEL TERMINAL TANJUNG GEREM DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI JUNI 2022 - JUNI 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (448kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (526kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib untuk melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Maka dari itu PT. Pertamina Patra Niaga FT Tanjung Gerem mewujudkannya melalui kegiatan CSR yang bernama Program CSR Perempuan Mandiri mencapai Ketahanan Pangan (PRIMAPAN). Penelitian ini didasari pada fakta bahwa komunikasi CSR sangat penting untuk membangun citra perusahaan dan hubungan dengan pemangku kepentingannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Patra Niaga FT Tanjung Gerem dalam Upaya pemberdayaan kelompok Wanita Tani Cahaya Mandiri Cikuasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam Bersama Community Development Officer, Ketua KWT Cahaya Mandiri, Warga Masyarakat Cikuasa dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi CSR Pertamina Tanjung Gerem menggunakan tiga strategi yaitu Information strategy melalui: (1) penyampaian langsung kepada kelompok tani, (2) penggunaan whatsapp grup, (3) laporan tahunan, pada response strategy: (1) dengan merespon apa yang kelompok tani inginkan, (2) survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM),(3) melakukan Focus Group Discussion, pada involvement strategy: (1) dengan mengadakan pertemuan casual, (2) pelatihan, (3) keterlibatan fasilitator dari dinas Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Cilegon. Kegiatan komunikasi CSR masuk dalam kategori response strategy dikarenakan komunikasi yang dijalankan secara asimetris. Terdapat kekurangan yaitu masih dominannya Perusahaan dalam menjalankan kegiatan CSR. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi persuasif antarperempuan efektif di dalam program CSR PRI MAPAN, hal ini dikarenakan mereka merasa lebih nyaman, lebih dekat karena sesama Perempuan.
| Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0604127801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility Communication Strategy, Empowerment, Women, Pertamina |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:00 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 09:00 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
