NAURA HASNA ZAHIDA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PERTAMINA PATRA NIAGA FUEL TERMINAL TANJUNG GEREM DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI JUNI 2022 - JUNI 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib untuk melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Maka dari itu PT. Pertamina Patra Niaga FT Tanjung Gerem mewujudkannya melalui kegiatan CSR yang bernama Program CSR Perempuan Mandiri mencapai Ketahanan Pangan (PRIMAPAN). Penelitian ini didasari pada fakta bahwa komunikasi CSR sangat penting untuk membangun citra perusahaan dan hubungan dengan pemangku kepentingannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Patra Niaga FT Tanjung Gerem dalam Upaya pemberdayaan kelompok Wanita Tani Cahaya Mandiri Cikuasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam Bersama Community Development Officer, Ketua KWT Cahaya Mandiri, Warga Masyarakat Cikuasa dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi CSR Pertamina Tanjung Gerem menggunakan tiga strategi yaitu Information strategy melalui: (1) penyampaian langsung kepada kelompok tani, (2) penggunaan whatsapp grup, (3) laporan tahunan, pada response strategy: (1) dengan merespon apa yang kelompok tani inginkan, (2) survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM),(3) melakukan Focus Group Discussion, pada involvement strategy: (1) dengan mengadakan pertemuan casual, (2) pelatihan, (3) keterlibatan fasilitator dari dinas Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Cilegon. Kegiatan komunikasi CSR masuk dalam kategori response strategy dikarenakan komunikasi yang dijalankan secara asimetris. Terdapat kekurangan yaitu masih dominannya Perusahaan dalam menjalankan kegiatan CSR. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi persuasif antarperempuan efektif di dalam program CSR PRI MAPAN, hal ini dikarenakan mereka merasa lebih nyaman, lebih dekat karena sesama Perempuan.

Dosen Pembimbing: Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0604127801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility Communication Strategy, Empowerment, Women, Pertamina
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 09:00
Last Modified: 03 Sep 2025 09:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53031

Actions (login required)

View Item View Item