NAFARISKA NUR RACHMANIA (2025) STRATEGI PROMOSI RADIO JIZ FM DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR MELALUI AKUN INSTAGRAM PADA TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (317kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (427kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang strategi promosi yang diterapkan oleh Radio JIZ FM dalam menarik minat pendengar melalui akun Instagram pada tahun 2024. Perkembangan teknologi digital telah mendorong media konvensional seperti radio untuk melakukan adaptasi agar tetap eksis di tengah perubahan perilaku konsumsi informasi masyarakat, khususnya pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Radio JIZ FM memanfaatkan Instagram sebagai media promosi guna menjangkau audiens yang lebih luas dan menjaga keterlibatan pendengar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Radio JIZ FM pada tahun 2024 adalah dengan melakukan tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Langkah-langkah dalam strategi promosi Radio JIZ FM dimulai dari mengidentifikasikan audiens sasaran, menentukan tujuan promosi, merancang pesan, menyusun tema, mengumpulkan foto dan video, hingga memilih Instagram sebagai saluran utama dalam interaksi dengan audiens di media sosial. Radio JIZ FM secara aktif merancang dan mengunggah konten visual yang menarik, relevan dengan tren terkini, serta memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti feeds, Instagram story, live streaming, komentar, caption dan hastag. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Radio JIZ FM melalui akun Instagram mampu menjaga perhatian dan loyalitas pendengar. Data pendengar pada platform Jogjastreamers tahun 2023 dan 2024 mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh penyebaran pendengar dalam memilih platform streaming online. Dengan demikian, promosi yang dilakukan Radio JIZ FM tetap mampu menjaga perhatian dan loyalitas pendengar, meskipun masih perlu adanya pengembangan agar dapat menjangkau pendengar yang lebih luas.
| Dosen Pembimbing: | Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. | NIDN0520118701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Instagram, Promotion Strategy, Radio JIZ FM, Social Media |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 08:48 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 08:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
