KRISNA WIKAN TRIPUTRA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS POLRESTA YOGYAKARTA DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan media sosial sebagai bagian dari transformasi digital telah mendorong lembaga pemerintah untuk mengadopsi platform baru dalam menyampaikan informasi kepada publik. Salah satu platform yang kini populer adalah TikTok, yang digunakan oleh generasi muda sebagai sarana konsumsi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Humas Polresta Yogyakarta dalam memanfaatkan media sosial TikTok. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana strategi tersebut dirancang, diimplementasikan, dievaluasi, serta dampaknya terhadap interaksi dengan masyarakat menggunakan perspektif humas digital dan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan merupakan social media engagement strategy yang menekankan pada cultural opportunism. Meskipun telah berhasil membangun transparansi, strategi ini belum sepenuhnya mencerminkan peran ideal Polresta Yogyakarta sebagai humas pemerintah, karena dominasi konten masih bersifat publikasi satu arah dan minim edukasi. Selain itu, strategi tersebut belum dilengkapi dengan inovasi dan rencana publikasi yang sistematis, sehingga jangkauan dan interaktivitas yang terbangun tidak maksimal. Dengan demikian, strategi komunikasi digital melalui TikTok dapat menjadi sarana efektif bagi humas Polresta Yogyakarta untuk membangun hubungan yang partisipatif dan transparan, sepanjang disertai inovasi berkelanjutan serta penguatan peran edukatif institusi.

Dosen Pembimbing: Aswad Ishak, S.IP., M.Si. | NIDN0530107601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication Strategy, Cyber PR, Government PR, Polresta Yogyakarta, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:49
Last Modified: 03 Sep 2025 08:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53040

Actions (login required)

View Item View Item