KRISNA WIKAN TRIPUTRA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL HUMAS POLRESTA YOGYAKARTA DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (589kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (384kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial sebagai bagian dari transformasi digital telah mendorong lembaga pemerintah untuk mengadopsi platform baru dalam menyampaikan informasi kepada publik. Salah satu platform yang kini populer adalah TikTok, yang digunakan oleh generasi muda sebagai sarana konsumsi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Humas Polresta Yogyakarta dalam memanfaatkan media sosial TikTok. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana strategi tersebut dirancang, diimplementasikan, dievaluasi, serta dampaknya terhadap interaksi dengan masyarakat menggunakan perspektif humas digital dan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan merupakan social media engagement strategy yang menekankan pada cultural opportunism. Meskipun telah berhasil membangun transparansi, strategi ini belum sepenuhnya mencerminkan peran ideal Polresta Yogyakarta sebagai humas pemerintah, karena dominasi konten masih bersifat publikasi satu arah dan minim edukasi. Selain itu, strategi tersebut belum dilengkapi dengan inovasi dan rencana publikasi yang sistematis, sehingga jangkauan dan interaktivitas yang terbangun tidak maksimal. Dengan demikian, strategi komunikasi digital melalui TikTok dapat menjadi sarana efektif bagi humas Polresta Yogyakarta untuk membangun hubungan yang partisipatif dan transparan, sepanjang disertai inovasi berkelanjutan serta penguatan peran edukatif institusi.
| Dosen Pembimbing: | Aswad Ishak, S.IP., M.Si. | NIDN0530107601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Cyber PR, Government PR, Polresta Yogyakarta, TikTok |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 08:49 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 08:49 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
