FITRA MAULANA (2025) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKANSOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG COLOMBO,YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (219kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Jalan Colombo merupakan bagian dari jaringan jalan kota yang mendukung aktivitas ekonomi, Pendidikan dan pariwisata. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di DIY menyebabkan kemacetan yang signifikan di sepanjang jalan ini, khususnya di simpang empat bersinyal Colombo. Simpang ini mencakup sejumlah fasilitas penting, seperti sekolah, perguruan tinggi, minimarket, restoran, halte, serta pusat oleh-oleh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengevaluasi kinerja lalu lintas persimpangan dengan menggunakan software PTV VISSIM 2024 (Student Version). Pada Selasa, 5 November 2024, survei lokasi mengumpulkan data lalu lintas dan memodelkan kondisi eksisting serta beberapa alternatif skenario perbaikan.. Pada kondisi eksisting, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 65,08 detik/kend dengan tingkat pelayanan (LOS) rata-rata yaitu E (buruk). Pada skenario 1, dilakukan penyesuaian durasi waktu hijau pada simpang menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 60,97 detik/kend. Pada skenario 2, dengan melakukan perubahan urutan fase di lengan Barat dan Timur menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 59,61 detik/kend. Pada skenario 3, dengan penyesuaiaan waktu siklus dan perubahan urutan fase di lengan Barat dan Timur didapatkan tundaan rata-rata sebesar 55,79 detik/kend. Berdasarkan hasil analisis tersebut, skenario 3 menjadi solusi alternatif terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang empat bersinyal Colombo.
| Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. and Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0028116301, NIDN0530078801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Simpang Empat Bersinyal, PTV VISSIM, Tingkat Pelayanan, Tundaan, Panjang Antrian. |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 13 Sep 2025 03:15 |
| Last Modified: | 13 Sep 2025 03:15 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
