FITRA MAULANA (2025) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKANSOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG COLOMBO,YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jalan Colombo merupakan bagian dari jaringan jalan kota yang mendukung aktivitas ekonomi, Pendidikan dan pariwisata. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di DIY menyebabkan kemacetan yang signifikan di sepanjang jalan ini, khususnya di simpang empat bersinyal Colombo. Simpang ini mencakup sejumlah fasilitas penting, seperti sekolah, perguruan tinggi, minimarket, restoran, halte, serta pusat oleh-oleh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengevaluasi kinerja lalu lintas persimpangan dengan menggunakan software PTV VISSIM 2024 (Student Version). Pada Selasa, 5 November 2024, survei lokasi mengumpulkan data lalu lintas dan memodelkan kondisi eksisting serta beberapa alternatif skenario perbaikan.. Pada kondisi eksisting, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 65,08 detik/kend dengan tingkat pelayanan (LOS) rata-rata yaitu E (buruk). Pada skenario 1, dilakukan penyesuaian durasi waktu hijau pada simpang menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 60,97 detik/kend. Pada skenario 2, dengan melakukan perubahan urutan fase di lengan Barat dan Timur menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 59,61 detik/kend. Pada skenario 3, dengan penyesuaiaan waktu siklus dan perubahan urutan fase di lengan Barat dan Timur didapatkan tundaan rata-rata sebesar 55,79 detik/kend. Berdasarkan hasil analisis tersebut, skenario 3 menjadi solusi alternatif terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang empat bersinyal Colombo.

Dosen Pembimbing: Wahyu Widodo, Ir., M.T. and Dian Setiawan M., Dr., S.T., M.Sc. | NIDN0028116301, NIDN0530078801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Simpang Empat Bersinyal, PTV VISSIM, Tingkat Pelayanan, Tundaan, Panjang Antrian.
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Bima
Date Deposited: 13 Sep 2025 03:15
Last Modified: 13 Sep 2025 03:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53050

Actions (login required)

View Item View Item