MUHAMMAD RIZKY FADHILAH (2025) STUDENTS' PERCEPTION ON YOUTUBE PODCAST VIDEOS AS DIGITAL CONTENT FOR LEARNING ENGLISH AUTONOMOUSLY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

YouTube adalah platform yang menyediakan berbagai konten digital, termasuk video dan audio, yang merupakan alat pembelajaran yang ideal dan menguntungkan bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Namun, siswa kesulitan menemukan kriteria ideal untuk video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa mengenai kriteria ideal video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris dan untuk mengetahui manfaat yang diperoleh siswa dari penggunaan video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah enam mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, angkatan 2021 dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa ada empat kriteria ideal video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri yang dirasakan oleh siswa. Kriteria ideal tersebut meliputi: topik harus relevan dengan kebutuhan siswa; fitur YouTube harus disediakan dalam video; durasi video harus kurang dari 30 menit, dan aksen dalam video harus sesuai untuk siswa. Selain itu, temuan tersebut juga mengungkapkan manfaat penggunaan video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri; fleksibilitas podcast YouTube untuk mengaksesnya, dan podcast YouTube menguntungkan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan mereka.

Dosen Pembimbing: Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: YouTube podcast, ideal criteria, benefits, students� perception.
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:16
Last Modified: 19 Sep 2025 01:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53073

Actions (login required)

View Item View Item