MUHAMMAD RIZKY FADHILAH (2025) STUDENTS' PERCEPTION ON YOUTUBE PODCAST VIDEOS AS DIGITAL CONTENT FOR LEARNING ENGLISH AUTONOMOUSLY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (349kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (112kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
YouTube adalah platform yang menyediakan berbagai konten digital, termasuk video dan audio, yang merupakan alat pembelajaran yang ideal dan menguntungkan bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Namun, siswa kesulitan menemukan kriteria ideal untuk video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa mengenai kriteria ideal video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris dan untuk mengetahui manfaat yang diperoleh siswa dari penggunaan video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah enam mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, angkatan 2021 dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa ada empat kriteria ideal video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri yang dirasakan oleh siswa. Kriteria ideal tersebut meliputi: topik harus relevan dengan kebutuhan siswa; fitur YouTube harus disediakan dalam video; durasi video harus kurang dari 30 menit, dan aksen dalam video harus sesuai untuk siswa. Selain itu, temuan tersebut juga mengungkapkan manfaat penggunaan video podcast YouTube untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri; fleksibilitas podcast YouTube untuk mengaksesnya, dan podcast YouTube menguntungkan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan mereka.
| Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | YouTube podcast, ideal criteria, benefits, students� perception. |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:16 |
| Last Modified: | 19 Sep 2025 01:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
