KRISTIANTO (2025) MONITORING KONDISI STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TERHADAP BEBAN DINAMIS AKTUAL KENDARAAN (STUDI KASUS: JEMBATAN KRONGGAHAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jembatan merupakan infrastruktur vital yang memerlukan pemeliharaan rutin agar tetap aman digunakan. Kondisi jembatan dapat mengalami penurunan akibat beban lalu lintas, umur, maupun faktor lingkungan, sehingga diperlukan metode monitoring yang akurat untuk mengetahui kondisi jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi struktur Jembatan Kronggahan berdasarkan respons dinamis menggunakan parameter frekuensi alami. Metode penelitian dilakukan melalui pengukuran langsung dengan sensor accelerometer meter berbasis android untuk memperoleh frekuensi aktual, serta pemodelan numerik menggunakan perangkat lunak SAP2000 guna memperoleh frekuensi teoritis. Data hasil pengukuran dan pemodelan kemudian dibandingkan untuk mengetahui indikasi kerusakan struktural. Selain itu, dilakukan inspeksi visual untuk melengkapi penilaian kondisi sesuai pedoman jembatan yang berlaku, sehingga diperoleh gambaran kondisi jembatan secara lebih komprehensif. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa frekuensi aktual Jembatan Kronggahan sebesar 14,74 Hz, sedangkan pemodelan teoritis dengan SAP2000 menghasilkan nilai 4,64 Hz. Selisih tersebut memberikan indikasi nilai kerusakan relatif sebesar 2,176%. Inspeksi visual menemukan kerusakan ringan pada elemen rangka baja, lantai jembatan, serta adanya penumpukan sampah. Walaupun demikian, jembatan dinilai masih dalam kondisi layak fungsi. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Jembatan Kronggahan masih dapat difungsikan, namun memerlukan pemeliharaan preventif serta monitoring berkala agar kondisi jembatan tetap terjaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak pengelola dalam menentukan strategi pemeliharaan jangka panjang, sekaligus menunjukkan bahwa kombinasi pendekatan numerik dan eksperimental efektif untuk menilai kondisi struktur jembatan secara praktis dan efisien.

Dosen Pembimbing: Guntur Nugroho, Dr., S.T., M.Eng. | NIDN0526048501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: steel truss bridge, natural frequency, dynamic load, accelerometer meter, SAP2000.
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:16
Last Modified: 19 Sep 2025 01:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53074

Actions (login required)

View Item View Item