KRISTIANTO (2025) MONITORING KONDISI STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TERHADAP BEBAN DINAMIS AKTUAL KENDARAAN (STUDI KASUS: JEMBATAN KRONGGAHAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (888kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (228kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Jembatan merupakan infrastruktur vital yang memerlukan pemeliharaan rutin agar tetap aman digunakan. Kondisi jembatan dapat mengalami penurunan akibat beban lalu lintas, umur, maupun faktor lingkungan, sehingga diperlukan metode monitoring yang akurat untuk mengetahui kondisi jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi struktur Jembatan Kronggahan berdasarkan respons dinamis menggunakan parameter frekuensi alami. Metode penelitian dilakukan melalui pengukuran langsung dengan sensor accelerometer meter berbasis android untuk memperoleh frekuensi aktual, serta pemodelan numerik menggunakan perangkat lunak SAP2000 guna memperoleh frekuensi teoritis. Data hasil pengukuran dan pemodelan kemudian dibandingkan untuk mengetahui indikasi kerusakan struktural. Selain itu, dilakukan inspeksi visual untuk melengkapi penilaian kondisi sesuai pedoman jembatan yang berlaku, sehingga diperoleh gambaran kondisi jembatan secara lebih komprehensif. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa frekuensi aktual Jembatan Kronggahan sebesar 14,74 Hz, sedangkan pemodelan teoritis dengan SAP2000 menghasilkan nilai 4,64 Hz. Selisih tersebut memberikan indikasi nilai kerusakan relatif sebesar 2,176%. Inspeksi visual menemukan kerusakan ringan pada elemen rangka baja, lantai jembatan, serta adanya penumpukan sampah. Walaupun demikian, jembatan dinilai masih dalam kondisi layak fungsi. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Jembatan Kronggahan masih dapat difungsikan, namun memerlukan pemeliharaan preventif serta monitoring berkala agar kondisi jembatan tetap terjaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak pengelola dalam menentukan strategi pemeliharaan jangka panjang, sekaligus menunjukkan bahwa kombinasi pendekatan numerik dan eksperimental efektif untuk menilai kondisi struktur jembatan secara praktis dan efisien.
| Dosen Pembimbing: | Guntur Nugroho, Dr., S.T., M.Eng. | NIDN0526048501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | steel truss bridge, natural frequency, dynamic load, accelerometer meter, SAP2000. |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:16 |
| Last Modified: | 19 Sep 2025 01:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
