DIANY RACHMAWATI (2025) THE ENGLISH TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE USE OF LYRICSTRAINING IN EFL CLASSROOMS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Peran teknologi yang digunakan dalam pengajaran telah menjadi aspek penting dalam keberhasilan belajar, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Teknologi yang digunakan dalam pengajaran bahasa memiliki bentuk yang berbeda, dan LyricsTraining adalah salah satu alat digital yang membantu guru dalam menciptakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fitur dan aktivitas LyricsTraining yang diterapkan guru EFL di kelasnya, dan manfaat menggunakan LyricsTraining yang dirasakan oleh guru Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dari lima guru Bahasa Inggris SMKN 1 Pandak melalui observasi kelas dan wawancara individu. Selanjutnya, peneliti memperoleh analisis data menggunakan triangulasi: reduksi data, tampilan data, serta menarik dan memverifikasi kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan anggota dan kepercayaan untuk memastikan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur dan kegiatan yang dilaksanakan oleh ruang kelas EFL dalam tiga tahap pengajaran adalah: 1) Karaoke dan gap-filling dalam pre-teaching, 2) Karaoke, gapfilling, dan exercise dalam whilst-teaching, dan 3) Gap-filling, game score, dan exercise dalam post-teaching. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam manfaat LyricsTraining yang dirasakan oleh guru Bahasa Inggris, yaitu: mudah diakses, mudah merencanakan dan mengembangkan kegiatan kelas, bebas menyesuaikan tingkat kesulitan, mudah mengakses kemajuan siswa, iii mengajarkan keterampilan yang berbeda, dan membuat metode pengajaran lebih menyenangkan dan menarik.

Dosen Pembimbing: Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0519108701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: technology, teaching tools, LyricsTraining, teaching English
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Bima
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:06
Last Modified: 25 Sep 2025 09:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53097

Actions (login required)

View Item View Item