DIANY RACHMAWATI (2025) THE ENGLISH TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE USE OF LYRICSTRAINING IN EFL CLASSROOMS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (277kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (137kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Peran teknologi yang digunakan dalam pengajaran telah menjadi aspek penting dalam keberhasilan belajar, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Teknologi yang digunakan dalam pengajaran bahasa memiliki bentuk yang berbeda, dan LyricsTraining adalah salah satu alat digital yang membantu guru dalam menciptakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fitur dan aktivitas LyricsTraining yang diterapkan guru EFL di kelasnya, dan manfaat menggunakan LyricsTraining yang dirasakan oleh guru Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dari lima guru Bahasa Inggris SMKN 1 Pandak melalui observasi kelas dan wawancara individu. Selanjutnya, peneliti memperoleh analisis data menggunakan triangulasi: reduksi data, tampilan data, serta menarik dan memverifikasi kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan anggota dan kepercayaan untuk memastikan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur dan kegiatan yang dilaksanakan oleh ruang kelas EFL dalam tiga tahap pengajaran adalah: 1) Karaoke dan gap-filling dalam pre-teaching, 2) Karaoke, gapfilling, dan exercise dalam whilst-teaching, dan 3) Gap-filling, game score, dan exercise dalam post-teaching. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam manfaat LyricsTraining yang dirasakan oleh guru Bahasa Inggris, yaitu: mudah diakses, mudah merencanakan dan mengembangkan kegiatan kelas, bebas menyesuaikan tingkat kesulitan, mudah mengakses kemajuan siswa, iii mengajarkan keterampilan yang berbeda, dan membuat metode pengajaran lebih menyenangkan dan menarik.
| Dosen Pembimbing: | Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum. | NIDN0519108701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | technology, teaching tools, LyricsTraining, teaching English |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:06 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 09:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
