MUHAMMAD SURYA KUKUH (2025) PROSES KREATIF PENYUTRADARAAN FILM HUJJAH HIJRAH UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK NUN JILBAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (7MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Industri film baik di Indonesia maupun di dunia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Film memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan melalui storytelling yang disusun dalam sebuah skenario naskah sehingga mampu mengarahkan pemikiran audiens. Film juga dijadikan sebagai salah satu media untuk komunikasi pemasaran produk melalui konsep product placement. Penciptaan karya film Hujjah Hijrah dilakukan untuk mengetahui proses penyutradaraan dalam menyisipkan produk Nun Jilbab secara natural ke dalam narasi film sebagai bagian dari strategi membangun brand image. Penelitian ilmiah ini berlandaskan pada artistik riset, dimana penulis merupakan bagian dari proses penelitian dalam penciptaan karya film Hujjah Hijrah. Proses penciptaan karya film ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Sutradara berperan dalam setiap proses tersebut terutama untuk memastikan aspek kreatif seperti alur cerita dan keselarasan dengan brand Nun Jilbab dapat tercipta. Hasilnya, penyisipan produk dilakukan secara soft yang terintegrasi dengan alur dan perkembangan cerita, sehingga tidak terkesan memaksakan. Penggunaan produk hijab juga mampu menggambarkan citra dan nilai yang ingin dibangun oleh Nun Jilbab. Dengan demikian Proses kreatif penyutradaraan mampu memadukan unsur naratif film dengan product placement secara organik, sehingga pesan dapat tersampaikan tanpa mengurangi kualitas dan emosional perkembangan cerita. Penciptaan film ini sebagai salah satu medium untuk komunikasi pemasaran produk Nun Jilbab.
| Dosen Pembimbing: | Budi Dwi Arifianto, S.Sn., M.Sn. | NIDN0504118004 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Creative Process, Directing, Product Placement |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:06 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 09:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
