RENGGA SAMBANG ARWANDANA (2025) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MENINGKATKAN SHARE DAN RATING (STUDI DESKRIPTIF STRATEGI PRODUSER DALAM MENGHADIRKAN BINTANG TAMU KONTROVERSIAL CHIKA CHANDRIKA DALAM PROGRAM ACARA RUMPI NO SECRET TRANS TV). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kreatif yang digunakan oleh produser untuk meningkatkan share dan rating pemirsa sebuah program televisi, dengan menggunakan studi kasus kemunculan bintang tamu kontroversial Chika Chandrika dalam Rumpi No Secret yang ditayangkan oleh Trans TV. Dalam industri media, figur publik dengan latar belakang kontroversial sering dipilih sebagai strategi untuk menarik perhatian pemirsa, khususnya dalam program infotainment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif diterapkan mulai dari tahap praproduksi (pengembangan ide, pemilihan bintang tamu, naskah, dan persiapan ) hingga produksi (eksekusi visual) dan pascaproduksi (penyuntingan, distribusi digital, dan evaluasi). Pemilihan Chika sebagai bintang tamu didasarkan pada daya tariknya yang viral, relevansi dengan minat pemirsa, dan potensi keterlibatan yang tinggi. Strategi ini secara efektif berkontribusi pada peningkatan share dan rating program. Dengan demikian, proses produksi kreatif yang terencana dengan baik dan responsif terhadap isu sangat penting untuk keberhasilan program infotainment.

Dosen Pembimbing: Suciati, Prof. Dr., S.Sos.,M.Si. and R. Nanang Widyatmoko, S.Sn., M.Sn. | NIDN0513047201, NIDN201478
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: creative strategy, infotainment program, controversial guest star, Rumpi No Secret, ratings and share, television production
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Oct 2025 09:15
Last Modified: 01 Oct 2025 09:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/53115

Actions (login required)

View Item View Item