Noor Maulida Hayati (2021) The Measurement of ELF Students' Reading Engagement Level. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (424kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (117kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
Abstract
<p>Keterlibatan membaca adalah fungsi gabungan dari motivasi, minat, sikap, emosi, pengaturan diri, dan kemampuan untuk mendapatkan keadaan aliran saat membaca. Siswa dengan tingkat keterikatan membaca yang tinggi akan memiliki perasaan senang atau senang dalam kegiatan membaca; mengakibatkan peningkatan prestasi akademik mereka. Namun, studi tentang keterlibatan membaca masih terbatas di Indonesia; terlepas dari kenyataan bahwa keterlibatan membaca sama berdampaknya dengan motivasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterikatan membaca mahasiswa English as a Foreign Language (EFL) di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner untuk memperoleh data. Kuesioner terdiri dari tiga konstruk yang menunjukkan keterlibatan membaca, yaitu konstruk nilai tugas, kecemasan, dan aliran. 149 siswa kelas EFL angkatan 2020 yang terdiri dari 50 siswa laki-laki dan 99 siswa perempuan terpilih sebagai peserta penelitian ini. Metode pendataan dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19; Dengan demikian, kuesioner dibagikan kepada para peserta melalui WhatsApp. Pertanyaan penelitian pertama dijawab dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan tingkat keterlibatan membaca siswa sebagai 'sedang' berdasarkan skor rata-rata total. Selanjutnya, temuan untuk pertanyaan penelitian kedua menyajikan urutan konstruksi skor tertinggi dari keterlibatan membaca yaitu nilai tugas, alur, dan kecemasan.</p>
| Dosen Pembimbing: | Evi Puspitasari, S.Pd., M.Hum. | NIDN0531038701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:46 |
| Last Modified: | 14 Dec 2021 03:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
