The EFL Students’ Perception on Teaching Materials Used in Grammar Course

Ahmad Dzakiy Robbani (2021) The EFL Students’ Perception on Teaching Materials Used in Grammar Course. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

<p>Bahan ajar memegang peranan penting dalam penguasaan grammar bahasa Inggris bagi siswa. Bahan ajar juga dapat membantu siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam belajar. Banyak jenis bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa EFL terhadap bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah grammar. Peneliti tertarik untuk menyelidiki persepsi siswa EFL tentang jenis bahan ajar yang digunakan dalam kursus tata bahasa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat bahan ajar dalam kursus tata bahasa menarik seperti yang dirasakan oleh siswa EFL. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Dengan demikian, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Swasta Islam Yogyakarta angkatan 2019 dengan delapan orang peserta yang mengambil mata kuliah Capita Selecta pada mata kuliah Grammar. Temuan penelitian ini menunjukkan jenis bahan ajar yang digunakan dalam kursus tata bahasa adalah buku teks, kartu, power point, video, platform pembelajaran berbasis game, cerita. Selain itu, faktor yang membuat bahan ajar pada mata kuliah grammar menarik adalah adanya ilustrasi dan animasi, merangsang aktivitas siswa, penjelasan yang jelas dan bahasa yang mudah dipahami, relevan dengan kurikulum, membuat proses pembelajaran lebih menarik, dan sederhana dan efektif.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:35
Last Modified: 15 Dec 2021 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5542

Actions (login required)

View Item
View Item