ARIEF BUDIMAN (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (53kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (801kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (98kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (248kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21320

Abstract

Latar Belakang: Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dimana berpikir kritis merupakan kompetensi dasar dari seorang perawat, kemampuan berpikir kritis salahsatunya ditentukan oleh efikasi diri yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III Keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test nonequivalent control group. Jumlah sampel 86 mahasiswa dengan teknik total sampling (42 mahasiswa pada kelompok intervensi dan 44 mahasisswa pada kelompok kontrol) yang diberikan intervensi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data dikumpulkan dengan kuesioner Critical Thinking Disposition Self Rating Form (CTDSRF) dan Motivational Strategies for Learning Quesstionnaire (MSLQ) subscale self efficacy for learning and Performance. Hasil: Berdasarkan hasil uji paired t-test dan independen t-test terlihat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol dan juga terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah intervensi dengan hasil masing-masing p value < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III keperawatan.Diharapkan metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bentuk inovasi alternatif bagi pembelajaran mahasiswa.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: EFIKASI DIRI; BERPIKIR KRITIS; STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3
Last Modified: 08 Oct 2025 06:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56537

Actions (login required)

View Item View Item