HERWANTO HERWANTO (2018) PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN DAN BUSI PADA MOTOR 4 LANGKAH 125 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (COVER)
COVER Download (66kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (3MB) |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (89kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (18kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (944kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (696kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Sistem pengapian berpengaruh besar terhadap kinerja motor yang dihasilkan. Jika kinerja motor dirasa kurang maksimal dan ingin ditingkatkan, maka solusinya yaitu dengan penggantian beberapa komponen sistem pengapian diantaranya CDI dan busi. Dengan mengganti CDI dan busi tipe standar menjadi tipe racing diharapkan mampu meningkatkan kinerja motor. Maka dari itu, dilakukan penelitian ini guna mengetahui karakteristik percikan bunga api, kinerja mesin berupa daya dan torsi, lalu konsumsi bahan bakar dengan menggunakan variasi dari 2 CDI dan 2 busi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian percikan bunga api, variasi CDI BRT I-Max dengan busi iridium menghasilkan bunga api yang paling baik dengan suhu sekitar 8000-9500 K dan nyala bunga api yang stabil. CDI BRT I-Max dengan busi iridium juga menghasilkan kinerja motor yang paling baik dengan menghasilkan daya dan torsi paling tinggi. Daya yang diperoleh yaitu sebesar 9,6 HP dan torsi sebesar 11,87 N.m. Pada pengujian konsumsi bahan bakar, CDI standar dengan busi standar memperoleh konsumsi paling irit sebesar 54,2 km/l, sedangkan CDI BRT I-Max dengan busi iridium mendapat hasil sebesar 49,3 km/l.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | BRT I-MAX, BUSI IRIDIUM, PERCIKAN BUNGA API, DAYA, TORSI |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
| Depositing User: | Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 06:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
