HERWANTO HERWANTO (2018) PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN DAN BUSI PADA MOTOR 4 LANGKAH 125 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (66kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (18kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21133

Abstract

Sistem pengapian berpengaruh besar terhadap kinerja motor yang dihasilkan. Jika kinerja motor dirasa kurang maksimal dan ingin ditingkatkan, maka solusinya yaitu dengan penggantian beberapa komponen sistem pengapian diantaranya CDI dan busi. Dengan mengganti CDI dan busi tipe standar menjadi tipe racing diharapkan mampu meningkatkan kinerja motor. Maka dari itu, dilakukan penelitian ini guna mengetahui karakteristik percikan bunga api, kinerja mesin berupa daya dan torsi, lalu konsumsi bahan bakar dengan menggunakan variasi dari 2 CDI dan 2 busi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian percikan bunga api, variasi CDI BRT I-Max dengan busi iridium menghasilkan bunga api yang paling baik dengan suhu sekitar 8000-9500 K dan nyala bunga api yang stabil. CDI BRT I-Max dengan busi iridium juga menghasilkan kinerja motor yang paling baik dengan menghasilkan daya dan torsi paling tinggi. Daya yang diperoleh yaitu sebesar 9,6 HP dan torsi sebesar 11,87 N.m. Pada pengujian konsumsi bahan bakar, CDI standar dengan busi standar memperoleh konsumsi paling irit sebesar 54,2 km/l, sedangkan CDI BRT I-Max dengan busi iridium mendapat hasil sebesar 49,3 km/l.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BRT I-MAX, BUSI IRIDIUM, PERCIKAN BUNGA API, DAYA, TORSI
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3
Last Modified: 08 Oct 2025 06:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56554

Actions (login required)

View Item View Item