DITHA ASTUTI PURNAMAWATI (2018) PENGARUH SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM TERHADAP PENINGKATAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (113kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (959kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (236kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (120kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21315

Abstract

Latar Belakang: Gagal jantung adalah fase kronis yang menyebabkan kerusakan fungsional jantung akibat banyaknya gejala yang terjadi. Banyaknya gejala yang terjadi akan berdampak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan aktifitas sehari-hari, sehingga akhirnya mempengaruhi kualitas hidup. Gagal jantung memerlukan penatalaksaan yang tepat, intervensi diberikan dapat berupa terapi farmakologi dan non farmakologi, yang salah satu diantaranya supportive-educative system. Sistem ini membantu pasien memperoleh informasi kesehatan, serta dalam pengambilan keputusan. Tujuan: Mengidentifikasi pengaruh supportive-educative system terhadap Activity Daily Living dan kualitas hidup pasien Gagal Jantung. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test with control group, sebanyak 34 pasien dipilih dengan menggunakan teknik non probability, jenis consecutive sampling. Keseluruhan responden dibagi dalam dua kelompok, kelompok intervensi diberikan perlakuan supportive-educative system, sedangkan kelompok kontrol diberikan discharge planning diruangan selama 4 minggu. Diuji menggunakan Wilcoxon dan Paired Samples Test. Hasil: Penelitian ini menunjukan menunjukan kelompok intervensi lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan ρ-value sebesar 0,00. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian supportive-educative system terhadap kualitas hidup pasien gagal jantung.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: GAGAL JANTUNG; KUALITAS HIDUP; ACTIVITY DAILY LIVING; SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3
Last Modified: 08 Oct 2025 06:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56568

Actions (login required)

View Item View Item