DITHA ASTUTI PURNAMAWATI (2018) PENGARUH SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM TERHADAP PENINGKATAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (COVER)
COVER Download (113kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL Download (959kB) |
|
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Download (236kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Download (120kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI Restricted to Registered users only Download (601kB) |
Abstract
Latar Belakang: Gagal jantung adalah fase kronis yang menyebabkan kerusakan fungsional jantung akibat banyaknya gejala yang terjadi. Banyaknya gejala yang terjadi akan berdampak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan aktifitas sehari-hari, sehingga akhirnya mempengaruhi kualitas hidup. Gagal jantung memerlukan penatalaksaan yang tepat, intervensi diberikan dapat berupa terapi farmakologi dan non farmakologi, yang salah satu diantaranya supportive-educative system. Sistem ini membantu pasien memperoleh informasi kesehatan, serta dalam pengambilan keputusan. Tujuan: Mengidentifikasi pengaruh supportive-educative system terhadap Activity Daily Living dan kualitas hidup pasien Gagal Jantung. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test with control group, sebanyak 34 pasien dipilih dengan menggunakan teknik non probability, jenis consecutive sampling. Keseluruhan responden dibagi dalam dua kelompok, kelompok intervensi diberikan perlakuan supportive-educative system, sedangkan kelompok kontrol diberikan discharge planning diruangan selama 4 minggu. Diuji menggunakan Wilcoxon dan Paired Samples Test. Hasil: Penelitian ini menunjukan menunjukan kelompok intervensi lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan ρ-value sebesar 0,00. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian supportive-educative system terhadap kualitas hidup pasien gagal jantung.
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S2) |
| Uncontrolled Keywords: | GAGAL JANTUNG; KUALITAS HIDUP; ACTIVITY DAILY LIVING; SUPPORTIVE-EDUCATIVE SYSTEM |
| Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 06:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
