DINA ALFIANA IKHWANI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN EVIDENCE-BASED PRACTICE TERHADAP CRITICAL THINKING MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES MATARAM. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER

Download (66kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL

Download (363kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I

Download (67kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
Official URL: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21314

Abstract

Latar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012) Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice. Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CRITICAL THINKING; EVIDENCE BASED PRACTICE
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email Admin Perpustakaan 3
Last Modified: 08 Oct 2025 06:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/56578

Actions (login required)

View Item View Item