Yoga Budi Setyawan (2020) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DISKOMINFO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2019 (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF CUSTOMER RELATIONS PELAKSANAAN UU NO 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (735kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemerintah Indonesia menciptakan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk memenuhi tanggungjawab lembaga publik kepada masyarakatnya. Begitu pula Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkewajiban memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan menjalin hubungan dengan masyarakat (Customer Relations). Customer Relations menjadi penting karena stakeholder terdekat dalam pelayanan informasi oleh badan publik adalah masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) Diskominfo Kabupaten Karanganyar membagi media komunikasi menjadi dua yaitu media aduan dan layanan informasi. Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Karanganyar sudah menjalankan consumer information dan complaint handling; (2) Pelaksanaan customer relations Diskominfo Karanganyar adalah dengan membuka semua media layanan informasi & media aduan serta bekerja sama dengan OPD sebagai PPID Pembantu dan juga media komunitas masyarakat; (3) Diskominfo menggunakan database masyarakat untuk melakukan personalisasi dan percepatan pelayanan serta membuka daftar informasi publik seluas-luasnya; (4) Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Karanganyar sudah melibatkan masyarakat dalam proses evaluasinya untuk melihat penilaian langsung dari masyarakat melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).
Dosen Pembimbing: | DR. ADHIANTY NURJANAH, S.SOS., M.SI | NIDN604127801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |